Suu Kyi Myanmar Dipindahkan ke Sel Isolasi di Penjara

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:58 WIB
Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi menghadiri Invest Myanmar di Naypyitaw, Myanmar, pada 28 Januari 2019 Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi menghadiri Invest Myanmar di Naypyitaw, Myanmar, pada 28 Januari 2019

RIAU24.COM - Otoritas militer Myanmar telah memindahkan pemimpin terguling Aung San Suu Kyi ke sebuah penjara di ibu kota dari lokasi yang dirahasiakan di mana dia ditahan sejak dia dan pemerintahnya digulingkan dalam kudeta tahun lalu, kata seorang juru bicara militer.

Peraih Nobel, yang genap berusia 77 tahun pada Minggu (19 Juni), telah dipindahkan ke penjara di Naypyitaw pada Rabu setelah putusan pengadilan terhadapnya, kata juru bicara militer Zaw Min Tun.

Baca Juga: Fantastis! Penjualan Tiket Konser NCT Dream Diakses Sebanyak 1,5 Juta Orang

"Dia dipindahkan ke penjara di bawah hukum dan ditahan di sel isolasi," katanya dalam sebuah pernyataan.

Suu Kyi telah didakwa dengan sekitar 20 tindak pidana yang membawa hukuman penjara maksimum gabungan hampir 190 tahun sejak dia digulingkan oleh militer pada Februari 2021, termasuk beberapa tuduhan korupsi. Dia menyangkal semua tuduhan. Layanan BBC berbahasa Burma mengutip sumber yang mengatakan Suu Kyi ditahan di gedung terpisah di dalam penjara di Naypyitaw. Sebuah sumber yang mengetahui kasusnya mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu bahwa semua proses hukum terhadap Suu Kyi akan dipindahkan ke ruang sidang di penjara. 

Pemimpin Junta Min Aung Hlaing sebelumnya mengizinkan Suu Kyi untuk tetap ditahan di sebuah lokasi yang dirahasiakan, meskipun dia dihukum karena penghasutan dan beberapa pelanggaran kecil. Reuters tidak dapat menghubungi Suu Kyi atau perwakilannya untuk memberikan komentar. Pengacaranya dilarang berbicara tentang kasusnya. Seorang juru bicara junta tidak menanggapi permintaan komentar tambahan.

Suu Kyi, putri pahlawan kemerdekaan Myanmar, pertama kali dikenai tahanan rumah pada 1989 setelah protes besar-besaran menentang kekuasaan militer selama puluhan tahun. Pada tahun 1991, ia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian untuk kampanye demokrasi tetapi baru dibebaskan sepenuhnya dari tahanan rumah pada tahun 2010. Dia menyapu bersih pemilihan 2015, diadakan sebagai bagian dari reformasi militer tentatif yang dihentikan oleh kudeta tahun lalu. Negara-negara Barat telah menyebut tuduhan terhadap Suu Kyi dan keyakinannya palsu dan menuntut pembebasannya. Militer mengatakan dia sedang menjalani proses hukum oleh pengadilan independen.

Pengadilan di penjara

Myanmar Witness, sebuah kelompok non-pemerintah yang mendokumentasikan hak asasi manusia, mengeluarkan citra satelit dari apa yang dikatakannya sebagai bangunan yang baru-baru ini dibangun di sebelah kompleks penjara utama di Naypyitaw. Portal berita Mizzima juga menunjukkan foto gedung satu lantai di penjara yang katanya digunakan terkait dengan Suu Kyi. Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi apakah ada bangunan yang digunakan untuk persidangan atau untuk menampung Suu Kyi atau anggota partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang ditahan.

Baca Juga: Padahal Sudah Terendam Selama Setahun, Pria Ini Kaget Kala Ular Berbisa dalam Arak Menggigitnya

Ekonom Australia Sean Turnell, yang sebelumnya menjadi penasihat Suu Kyi, yang didakwa melanggar undang-undang rahasia negara, juga telah dipindahkan ke penjara Naypyitaw, kata laporan media. Suu Kyi juga menghadapi dakwaan atas pelanggaran undang-undang rahasia.

Menteri luar negeri Australia, Penny Wong, dalam sebuah pernyataan pada 10 Juni, mengatakan Canberra menolak keputusan pengadilan untuk menuntut Turnell.  Radio Free Asia yang didanai AS mengutip sumber yang mengatakan persidangan Suu Kyi dan Turnell dimulai pada hari Kamis di penjara.

Pihak berwenang telah memperkuat pagar penjara dan memperketat keamanan sejak Suu Kyi dipindahkan ke sana, lapor RFA. Suu Kyi tidak diizinkan membawa staf rumah tangga yang menemani selama penahanannya dan memutuskan untuk tidak membawa anjingnya, Taekido, lapor BBC Burma.

Proses pengadilan Suu Kyi telah berlangsung di balik pintu tertutup dengan hanya informasi terbatas yang dilaporkan oleh media pemerintah. Tidak jelas seberapa banyak Suu Kyi mengetahui krisis di negaranya, yang telah kacau balau sejak kudeta, dengan militer berjuang untuk mengkonsolidasikan kekuasaan dan menghadapi peningkatan oposisi dari pemberontak.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...