Potret Deretan Prestasi dan Penghargaan Satu Tahun Kepemimpinan Alfedri - Husni

Selasa, 05 Juli 2022 | 14:48 WIB
Bupati Siak Alfedri Pimpin program Bujang Kampung yang berlokasi di Kampung Mengkapan Kecamatan Sungai Apit. Bupati Siak Alfedri Pimpin program Bujang Kampung yang berlokasi di Kampung Mengkapan Kecamatan Sungai Apit.

RIAU24.COM Siak - Tidak terasa, kepemimpinan Drs H Alfedri, MSi dan Husni Merza BBA MM sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Siak Sri Indrapura  sudah menginjak usia setahun pertama kepemimpinanya.

Pasangan ini dilantik pada 21 Juni 2021 untuk periode kemimpinan Kabupaten Siak 2021-2026 oleh Gubernur Riau.

Satu tahun sudah dilalui. Energi, inovasi, ide, terobosan, kolaborasi sudah dilakukan bersama, dengan topangan kebersamaan seluruh komponen masyarakat kabupaten siak. Penataan semua aspek pembangunan, terus dilakukan. 


Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak dianugerahi Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) Ke-4 Tahun 2022, yang ditaja Kementerian PANRB bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI.

"Mulai dari penataan birokrasi, investasi, regulasi, komunikasi, koordinasi maupun kolaborasi tak henti ditata, menuju tata kelola pemerintahan yang baik, efesien dan efektif, dengan gerak cepat dan gerak bersama, demi kabupaten siak lebih maju dan mewujudkan perubahan   serta kesejahteraan, berlandaskan iman dan gotong-royong,” ujar saat alfedri merefleksikan satu tahun perjalanan pemerintahan.

Pasangan Bupati Dan Wakil Bupati Alfedri - Husni juga bergandengan tangan menghadapi perjuangan di masa pademi COVID-19 yang cukup berat.

Namun meski demikian, berbagai pencapaian prestasi bisa diraih, diantaranya;

• Penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI), sebagai Bupati Pendukung Gerakan Zakat Indonesia.


Bupati Siak Alfedri diundang menghadiri acara wisuda Universitas Hayam Wuruk Perbanas, yang berlangsung di Dyandra Convention Center, Surabaya.

•Baznas Kabupaten Siak untuk kategori Koordinasi Pengelolaan Zakat Terbaik.

•Terima Anugerah Sebagai Duta Zakat Dari BAZNAS Kabupaten Siak.

•Program Bujang Kampung yang inovatif , untuk percepatan pencapaian kinerja pemerintah terhadap semua aspek, terutama pelayanan publik, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan, memindahkan fungsi kantor bupati - wakil bupati dan OPD terkait ke kampung yang dituju, dalam waktu sehari penuh.

•Satu keluarga miskin minimal satu sarjana untuk mendorong peningkatan pendidikan beasiswa full pemerintah.


Program Bujang Kampung atau Bupati ngantor di kampung yang digagas Pemerintah Kabupaten Siak sejak Januari 2022 lalu, terus berlanjut. Kini  menyentuh kampung Rawang Kao kecamatan Lubuk Dalam yang dipimpin oleh Bupati Siak Alfedri.

•Program Bupati-wakil Bupati Siak UMKM yang  bertumbuh selama setahun kepemimpinannya, Data yang diambil dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Siak, terdata 25 ribu UMKM pada 2022 yang mana pada 2021, data UMKM hanya 16 ribu lebih kini mencapai 25 ribu. Dalam waktu setahun setidaknya bertambah 9 ribu lebih.

•Prestasi Kabupaten Siak di tingkat nasional Penghargaan Komitmen Bidang Kearsipan Kepada Pimpinan Daerah di lingkungan Provinsi Riau oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(MENPAN RB)Tjahjo Kumolo.

•Sukses sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional ke-76 se-provinsi Riau.

•Penghargaan Dari Wakapolri dengan Capaian Vaksinasi Dosis II, Kabupaten Siak tertinggi di Riau. 

•Buah Kerjasama Pemkab Siak – BTP, Buka Peluang Anak Siak Bekerja di Luar Negeri.


Wakil Bupati Siak Husni Merza menerima Anugerah Kearsipan Tahun 2022 kategori Komitmen Bidang Kearsipan kepada Pimpinan Daerah di Lingkungan Provinsi Riau,
dari Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo, 
di Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, Provinsi Riau.

•Kabupaten Siak  Contoh Barometer Kota Layak Anak Tingkat Nasional.

•Duduki peringkat ke 3, POPDA Provinsi Riau 2022 Siak peroleh 18 mendali.

•Juara satu Penilaian kerja Stunting dan juara satu Kategori Inovatif Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

•Pemkab Siak melalui DPMPTSP Siak raih penghargaan P4 Terbaik se-Indonesia.

•Penghargaan yang diberikan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kepada empat Desa Bebas Api.

•Peringkat pertama penghargaan Kejora Award 2022 Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Siak, kategori Sinergi dan Koordinasi Pengurusan Piutang Negara tahun 2021.

•Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) meraih penghargaan terbaik nasional implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS).


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak, menganugerahkan Wakil Bupati Siak Husni Merza sebagai Duta Zakat BAZNAS Kabupaten Siak.

•Penghargaan Smart City kategori Smart Governance dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Bupati Siak menyebutkan, semua pencapain tersebut, lahir dan terjadi, atas dukungan, kolaborasi, kebersamaan dan sinergitas bersama DPRD, Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Siak.

“Tahun 2022 ini, adalah tahun kerja kami, tahun visi dan misi kami, untuk mewujudkan Kabupaten Siak lebih maju, melalui perubahan untuk kemajuan dan kesejahteraan, berlandaskan iman dan gotong-royong,” tambahan Alfedri.

Alfedri-Husni mengajak semua komponen untuk bergandeng tangan, kerja keras, kerja hebat, dan kerja cerdas, untuk mencapai misi dan misi kabupaten siak.

Visi 2021 – 2026 adalah Terwujudnya Kabupaten Siak yang Amanah, Sejahtera, dan Lestari dalam Lingkungan Masyarakat Yang Agamis dan Budaya Melayu.

Sementara Misi 2021-2026 adalah;

1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Amanah Melalui Penerapan E-government.

2. Mewujudkan Kualitas Sdm Yang Agamis, Unggul, Sehat Dan Cerdas.

3. Meningkatkan Kualitas Infrastruktur Dasar Yang Inklusif.


Pemerintah Kabupaten Siak kembali meraih penilaian Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), untuk Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau pada Tahun Anggaran 2021. Predikat WTP tersebut merupakan kali yang ke-11 berturut-turut diterima oleh Pemkab Siak beberapa tahun terakhir.

4. Mewujudkan Perekonomian Yang Maju Dan Berdaya Saing Melalui Pengembangan Sektor Pertanian, Industri, Umkm, Ekonomi Kreatif, Pariwisata Dan Sektor Produktif Lainnya.

5. Mewujudkan Pembangunan Yang Berkelanjutan Dan Pemajuan Budaya Melayu.

“Kami bersama pak Wakil dalam menyusun visi dan misi ini, setelah kami melakukan survey di seluruh kecamatan dan pelosok kampung,” jelas Alfedri.

"Doakan kami agar bisa terus menjalani semua ini bersama. Ini adalah amanat yang diberikan ALLAH SWT kepada kami. Untuk itu, kami sangat berharap dukungan masyarakat Kabupaten Siak supaya apa yang menjadi tujuan kami membangun Kabupaten Siak dan mensejahterahkan masyarakat bisa terwujud,” pungkasnya.(Advetorial//Lin)

PenulisR24/lin


Loading...
Loading...