Kapitalis Ventura Bertaruh Besar ke Mata Uang Digital di Tengah Musim Dingin Crypto

Jumat, 29 Juli 2022 | 15:47 WIB
Krisis Crypto dipertanyakan setelah Kapitalis Ventura mengguyur dana lebih banyak ke mata uang digital /net Krisis Crypto dipertanyakan setelah Kapitalis Ventura mengguyur dana lebih banyak ke mata uang digital /net

RIAU24.COM - Ketika sektor crypto menggigil di musim dingin yang suram, pemodal ventura menuangkan uang ke mata uang digital dan startup blockchain dengan kecepatan yang akan melampaui rekor tahun lalu.

Baca Juga: Alibaba Akan PHK Hampir 10.000 Karyawan Di Tengah Perlambatan Ekonomi

Pada paruh pertama tahun ini, VC bertaruh 17,5 miliar dolar untuk perusahaan semacam itu, menurut data dari PitchBook. Itu menempatkan investasi di jalur ke atas rekor 26,9 miliar dolar yang dikumpulkan tahun lalu, waktu yang lebih hangat dan lebih bahagia untuk bitcoin and co.

"Kondisi pasar saat ini, saya tidak berpikir mereka mengganggu investor," kata Roderik van der Graf, pendiri perusahaan investasi Hong Kong Lemniscap, yang berfokus pada crypto dan blockchain. "Modal yang tersedia sangat besar," tambahnya.

Dana VC menawarkan pembiayaan kepada perusahaan muda yang mereka yakini memiliki prospek pertumbuhan yang kuat. Data tersebut menunjukkan keyakinan yang kuat pada masa depan teknologi crypto dan blockchain, meskipun industri mengalami kesulitan selama enam bulan.

Pukulan ganda dari hambatan ekonomi makro dan ledakan di proyek-proyek besar tahun ini telah membuat bitcoin anjlok sekitar 65 persen dari rekor November sebesar 69.000 dolar, dengan nilai keseluruhan pasar crypto turun dua pertiga menjadi 1 triliun dolar.

Perusahaan-perusahaan bergidik ketika harga turun, dengan pertukaran utama AS Coinbase Global dan platform NFT OpenSea diantara mereka yang memberhentikan ratusan pekerja.

Namun beberapa VC mengabaikan kesuraman, dengan banyak yang menggunakan peti perang yang substansial karena keyakinan mereka pada teknologi yang mendasari di balik koin crypto tetap kuat.

Meskipun tidak semua investor begitu optimis dalam menghadapi pembantaian crypto, tidak dengan cara apa pun.

David Siemer, CEO perusahaan manajemen crypto California Wave Financial, mengatakan ada tanda-tanda kemunduran dari penilaian tinggi perusahaan crypto tahun lalu.

"Ini akan menjadi jauh lebih buruk bagi kami beberapa bulan dalam siklus ini. Pada siklus terakhir rasa sakit bagi mereka yang mencari pendanaan adalah sekitar 12 bulan," ungkapnya.

Hotspot Amerika

Amerika Utara, yang telah lama menjadi hotspot untuk transaksi VC, kembali menjadi fokus aktivitas dengan sekitar 11,4 miliar dolar dalam enam bulan hingga Juni, dibandingkan 15,6 miliar dolar untuk keseluruhan tahun lalu.

Angka tersebut kontras dengan aktivitas VC umum di Amerika Serikat, dimana transaksi turun menjadi 144,2 miliar dolar pada semester pertama dari 158,2 miliar dolar pada periode yang sama tahun lalu karena kondisi makro dan gejolak pasar yang mendinginkan investasi.

Rumi Morales, direktur investasi di Digital Currency Group, VC besar Amerika, mengatakan data tersebut mencerminkan kepercayaan yang semakin kuat di sektor crypto dan blockchain.

"Dulu ada risiko eksistensial di luar angkasa bahwa seluruh industri akan hilang begitu saja, itu semua hanya mimpi. Itu tidak terjadi lagi," ujarnya.

Adopsi cripto sebagai alat investasi menjamur tahun lalu, dengan penggunaan blockchain juga mendapatkan tempat, bahkan jika perubahan revolusioner dari teknologi yang dijanjikan untuk industri seperti keuangan dan komoditas tetap sulit dipahami.

Di antara mega kesepakatan crypto AS pada tahun 2022: 400 juta dolar yang dikumpulkan oleh cabang pertukaran crypto AS FTX pada bulan Januari; putaran penggalangan dana 450 juta dolar oleh pengembang blockchain ConsenSys pada bulan Maret; dan 400 juta dolar dikumpulkan oleh penerbit stablecoin Circle sebulan kemudian.

Aktivitas juga kuat di Eropa, dengan investasi VC senilai 2,2 miliar dolar di paruh pertama tahun ini.

Fedi yang berbasis di Lisbon, sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu orang menerima, menyimpan, dan membelanjakan bitcoin, mengatakan bulan ini telah mengumpulkan 4,2 juta dolar dalam pendanaan awal.

Baca Juga: Coinbase Buat Kesepakatan Perdagangan Crypto Bersama Blackrock untuk Klien Institusional

"Dalam tujuh hari kami memiliki semua komitmen investasi," Obi Nwosu, salah satu pendirinya, dikutip dari Reuters. "Dan dalam waktu kurang dari satu setengah bulan kami memiliki target penggalangan dana awal di bank," pungkasnya.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...