5 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Ini Bahan-bahannya

Senin, 01 Agustus 2022 | 18:52 WIB
Foto (net) Foto (net)

RIAU24.COM - Memiliki kulit bersih dan putih merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai metode bisa dilakukan, seperti mencari tahu cara memutihkan kulit secara alami di internet. Bahan-bahan alami di sekitar kita memang dipercaya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Namun metode pemakaiannya harus sesuai agar manfaatnya dapat diperoleh.

Baca Juga: Johnson and Johnson Akan Berhenti Menjual Bedak Bayi Penyebab Kanker Secara Global Pada Tahun 2023

Dihimpun dari Netmeds, Watsons, Klikdokter dan berbagai sumber lainnya, berikut sejumlah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah. 

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Sebelum membahas lebih jauh terkait cara memutihkan kulit secara alami, Anda harus mengetahui satu hal bahwa mencerahkan kulit yang baik adalah dengan tidak merubah warna kulit Anda.

Berikut bahan-bahan yang bisa Anda pakai, sebagai cara memutihkan kulit secara alami: 

1. Kedelai

Isoflavon dalam kedelai memiliki efek pencerah, antioksidan, dan antipenuaan dini. Selain itu, kedelai juga dapat melindungi kulit dari kekusaman dan kerusakan akibat paparan sinar UVB matahari. 

Studi mengungkapkan bahwa pemakaian pelembap wajah yang mengandung ekstrak kedelai selama 12 minggu, berkhasiat dalam meratakan warna kulit, memudarkan bintik hitam dan garis-garis halus, serta memperbaiki tekstur kulit. 

Sebagai cara memutihkan kulit secara alami, tumbuk atau blender kedelai hingga halus. Lalu campurkan sedikit air sampai membentuk pasta. Oleskan pasta kedelai pada kulit, diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Campuran Kunyit dan Lidah Buaya

Sejak dahulu lidah buaya dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Anda bisa mencampurkannya dengan rempah-rempah seperti kunyit. Kunyit merupakan exfoliator alami yang dapat mengatasi masalah kulit. Rempah-rempah ini mengandung vitamin C yang baik untuk mencerahkan kulit.  

Anda bisa mencampurkan setengah sendok makan kunyit dengan dua sendok teh lidah buaya. Kemudian oleskan pada kulit dan diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas. Ulangi proses ini sesering mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. 

3. Campuran Susu, Madu, dan Pisang 

Pisang kaya akan vitamin A dan potasium yang membantu memperbaiki kulit. Khasiat ini akan menjadi lebih baik jika bahan tersebut dicampurkan dengan susu serta madu. Susu mengandung asam laktat yang baik untuk menghilangkan kusam dan membantu melembabkan kulit kering. Sedangkan madu kaya akan antioksidan, sifat antibakteri dan antiseptik, yang berfungsi membersihkan pori-pori yang tersumbat serta memberikan Anda kulit yang bersih. 

Cara memutihkan kulit secara alami dengan metode ini yaitu dengan mencampurkan susu, pisang matang yang dihaluskan dan madu. kemudian oleskan sebagai lapisan tipis pada wajah atau kulit lainnya, serta biarkan kering selama 15 menit. Lalu bilas memakai air bersih. 

4. Jus Lemon 

Jus lemon telah digunakan sejak lama untuk memperbaiki warna kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit.  Asam pada jus lemon secara efektif  tidak dapat memutihkan kulit secara ringan, serta berfungsi sebagai pencerah kulit alami. 

5. Teh hijau

Teh hijau juga dapat membantu mengatasi kerusakan DNA akibat paparan sinar UV mencegah penuaan dini, kemerahan, iritasi, serta melembapkan kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami menggunakan teh hijau bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi masker. Campurkan 1 sendok makan (sdm) bubuk teh hijau dengan 1 sdm madu dan 1 sdm gula pasir. Oleskan masker tersebut ke wajah, diamkan selama 10–15 menit, lalu bilas.

Baca Juga: Johnson and Johnson Akan Berhenti Menjual Bedak Bayi Penyebab Kanker Secara Global Pada Tahun 2023

Demikian sejumlah cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Selain bahan-bahan di atas, Anda dapat memiliki kulit cerah dan sehat dengan menjaga asupan gizi seimbang dan selalu menerapkan pola hidup sehat. (Mer)

 

 

PenulisR24/riko


Loading...
Loading...