Cara Meredahkan Nyeri Pada Haid Tanpa Harus Minum Obat, Cek Penjelasannya!

Selasa, 02 Agustus 2022 | 08:33 WIB
Ilustrasi/grid.id Ilustrasi/grid.id

RIAU24.COM - Nyeri haid, di dalam dunia medis disebut dismenore adalah keluhan umum yang kerap dialami wanita saat haid. 

Kondisi ini bisa terjadi sebelum haid (PMS) atau sewaktu haid nyeri haid ini umumnya terjadi dalam beberapa hari dan biasanya dapat menghilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 7 Bahan Pemutih Kulit Ini Baik Untuk Pria Loh, Yuk Cek Penjabarannya!

Nyeri tepatnya di perut bagian bawah di punggung atau paha. Gejala nyeri haid ini juga bisa diikuti dengan rasa mual, kembung, diare, sakit kepala, dan rasa lelah yang berat, dikutip dari alodokter, pada Senin (1/8/2022).

Jika nyeri haid yang dirasakan sangat berat, hal itu bisa dikarenakan adanya gangguan pada organ reproduksi, nyeri bisa biasanya ada yang tidak terlalu sakit, ada yang sakit tak tertahankan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Saat merasakan nyeri haid yang tidak tertahankan, tidak sedikit wanita yang membutuhkan obat untuk meredakannya selain obat-obatan sebenarnya masih banyak perawatan rumahan lain yang bisa dilakukan.

Hormon ini berguna untuk mengatur suhu tubuh, peradangan, pertumbuhan sel, serta kontraksi otot untuk membantu lapisan rahim meluruh selama haid. Jika kadar hormon prostaglandin terlalu tinggi, kontraksi rahim menjadi lebih intens.

Menurut dr.Rizal Fadil “Nyeri haid biasanya mulai dirasakan saat haid atau tepat sebelum haid. Nyeri haid akibat kontraksi atau dismenore primer menyebabkan wanita mengalami kram pada perut bagian bawah. Kram ini bisa ringan atau berat”.

Bila merasa terganggu dengan nyeri haid, kamu bisa melakukan cara-cara berikut untuk meredakannya:

1.    Berikan kompres hangat ke perut 

bisa menggunakan bantal khusus untuk air panas, bisa juga dengan botol minum yang tahan panas, kemudian diletakkan di atas perut yang terasa sakit tunggu beberapa menit.

2.    Lakukan pijatan lembut

Kita bisa melakukkan sendiri, karena kita tau sebalah mana rasa nyeri tersebut.

3.    Hindari makanan dan minuman tertentu

Disaat lagi nyeri jangan minum minuman soda usahakan minum the panas pakai jahe, air hangat kuku. Dan usahakan jangan makan pedas saat anda merasa nyeri makan makanan yang segar supaya bisa meredahkan nyeri anda.

Baca Juga: 4 Olahraga Jitu untuk Mengecilkan Lengan Atas Berlemak

4.    Menggunakan obat pereda nyeri

Jika beberapa cara di atas sudah kamu lakukan, tetapi nyeri haidmu belum kunjung mereda, cobalah konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, yang dijual bebas.

5.    Naikkan kaki kamu ke dinding 

Ketika anda nyeri haid kamu bisa baring dengan kaki dinding.

(***)(rsm)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...