4 Tips Efektif Berhenti Merokok Meski Sudah Kecanduan, Yuk Cek Penjelasannya

Kamis, 04 Agustus 2022 | 10:09 WIB
Ilustrasi/detikcom Ilustrasi/detikcom

RIAU24.COM - Konsumsi rokok dapat merugikan kesehatan seseorang, baik perokok itu sendiri maupun perokok pasif.

Merokok merupakan penyebab utama penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, penyakit paru menahun, gangguan janin, gangguan pernapasan (PPOK, dan asma), impotensi, dan kesuburan. 

Baca Juga: 4 Olahraga Jitu untuk Mengecilkan Lengan Atas Berlemak

Akibatnya, bukan hanya pengeluaran biaya yang mahal untuk pengobatan, tetapi juga hilangnya waktu produktivitas sebagai masyarakat produktif.

Perlu diketahui, di dalam sebatang rokok terkandung 4 ribu jenis senyawa kimia, seperti nikotin yang menyebabkan kecanduan dikutip dari Alodokter, Rabu (3/8/2022).

Dari 4 ribu itu terdapat 400 jenis zat beracun, diantaranya racun serangga, racun tikus, kapur barus, pembersih lantai, gas beracun, dan zat pengawet mayat, serta 43 zat beracun yang menyebabkan kanker seperti tar atau aspal.

Data WHO pada 2011, di seluruh dunia kematian akibat rokok lebih dari 5 juta pertahun. (setiap 6 detik terjadi 1 kematian akibat rokok). Setiap 10 kematian, 2 di antaranya akibat rokok. Secara umum, perokok 10 tahun lebih dini meninggal dibandingkan yang bukan perokok. 

Selain itu, data terbaru dari siaran pers yang dipublikasi who secara global ada 1,1 miliar perokok tembakau berusia 15 atau lebih tua, dengan sekitar 80% hidup di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, dan sekitar 226 juta perokok hidup dalam kemiskinan.

Berbagai cara efektif untuk berhenti merokok namun banyak dari lelaki-laki tidak sanggup untuk tidak merokok. Berikut cara efektif yang bisa kamu terapkan agar bisa berhenti merokok.

1. Niat

Niat adalah kunci utama. Setiap orang memiliki alasan masing-masing untuk berhenti merokok. Apa pun itu, sebaiknya berasal dari diri sendiri. 

2. Adanya kemaun

Kemauan diri kamu harus kuat untuk berhenti dari rokok. Sejalan dengan point satu diatas, jika kalau tidak diri kita yang ingin berhenti merokok siapa lagi.

Baca Juga: Johnson and Johnson Akan Berhenti Menjual Bedak Bayi Penyebab Kanker Secara Global Pada Tahun 2023

3. Dukungan Pasangan

Wanita paling tidak suka dengan rokok, karena efeknya yang bisa menyebabkan kanker.

Hal ini, bisa menjadi motovasi bagi kamu agar tidak menyakiti pasangan kamu. Biasanya wanita atau istri yang ingin suaminya berhenti merokok bisa dengan membuatkan makanan yang baik untuk kesehatan, salah satunya mengatur pola makan dan minum sang pasangan

4.Konsumsi Permen

Makan permen bisa menjadi salah satu bentuk cara efektif berhenti merokok, supaya kamu terbiasa tanpa rokok ganti dengan permen.

Yuk bisa lakukan, Demi kesehatan kamu dan orang disekitar kamu!

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...