Hati-hati! Bila Komsumsi Daun Bidara Secara Berlebihan Anda Dapat Merasakan Hal Ini

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 10:13 WIB
Potret Buah Bidara/merdeka.com Potret Buah Bidara/merdeka.com

RIAU24.COM - Banyak orang yang belum mengetahui bahaya daun bidara jika anda salah mengolah daun bidara, anda akan merasakan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Bagaikan pisau bermata dua jika anda salah mengolah daun bidara atau Anda mengonsumsi terlalu banyak olahan herbal ini Anda bisa merasakan efek samping yang bersifat negatif.

Meski demikian, bahaya obat herbal daun bidara yang mungkin timbul adalah reaksi alergi pada kulit, Dikutip dari Hallosehat pada Jum’at (5/8/2022).

Baca Juga: Bubuk Ajaib Untuk Menurunkan Berat Badan: 1 Campuran Bubuk Ajaib Ini Dapat Membantu Anda Mengurangi Berat Hingga Beberapa Kilogram

Menurut Institute of Traditional Medicine, sejauh ini, daun bidara memiliki efek samping yang sangat rendah jika dikonsumsi secara oral.
Apabila mengalami kulit kemerahan, ruam, biduran, dan gatal, segera hentikan penggunaan. Ingatlah bahwa produk herbal atau jamu tidak selalu aman dan perhatikan cara minum jamu yang tepat.

Bukan manfaat yang Anda rasakan malah hal negatif yang akan mengganggu kesehatan yang Anda dapatkan oleh karena itu Anda harus bijak dalam mengonsumsi daun bidara dan tepat dalam mengolahnya.

Riau24 mengutip beberapa efek samping dari daun bidara, dari berbagai sumber, berikut penjelasanya: 

1. Mual-Mual

Bahaya daun bidara atau efek samping pertama yakni menimbulkan mual-mual rasa mual bisa timbul andai kamu mengonsumsi daun bidara dalam jumlah banyak atau berlebihan oleh karena itu, jika berniat mengonsumsinya, pastikan dikonsumsi sewajarnya dan kamu tahu cara mengolah daun bidara.

2. Kerusakan Organ Hati

Daun bidara bisa memantik kerusakan organ hati hal itu bisa terjadi, jika kamu mengonsumsi ekstrak daun bidara secara berlebihan.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Mental yang Mempengaruhi Berat Badan Anda

3. Mengantuk

Daun bidara dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan meminum daun bidara yang berlebihan akan menyebabkan rasa kantuk yang berat. Hal ini karena senyawa yang ada pada daun bidara dapat menyebabkan efek rileks yang berlebihan.

4. Alergi kulit

Alergi kulit yang terjadi karena daun bidara akan menyebabkan kulit terasa gatal dan panas. Pada kasus yang lebih parah kulit anda akan melepuh dan membengkak.

Itulah sejumlah bahaya daun bidara yang sebaiknya anda tahu namun karena manfaat herbal ini juga ampuh maka sebaiknya batasi jumlah konsumsinya sejumlah efek samping tanaman ini tidak baik bagi tubuh.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...