Jersey Nomor Punggung 6 Milik Bill Russell Akhirnya Dipensiunkan Oleh NBA

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:48 WIB
Bill Russell mengenakan Presidential Medal of Freedom, diberikan kepadanya oleh Barack Obama [Danny Moloshok/File Foto Bill Russell mengenakan Presidential Medal of Freedom, diberikan kepadanya oleh Barack Obama [Danny Moloshok/File Foto

RIAU24.COM - National Basketball Association (NBA) akan mempensiunkan nomor punggung 6 yang dikenakan oleh ikon besar dan hak-hak sipil Boston Celtics Bill Russell, yang meninggal akhir bulan lalu.

NBA dan Asosiasi Pemain Bola Basket Nasional (NBPA) membuat pengumuman Kamis, secara permanen menghentikan nomor yang dikenakan oleh juara 11 kali, yang diabadikan di Hall of Fame Bola Basket sebagai pemain dan pelatih.

Baca Juga: Cerita Sepak Bola Pantai Gading Libatkan 10 Dukun

Russell, pelatih kulit hitam pertama di liga, menjadi pemain pertama yang nomornya dipensiunkan di seluruh liga.

“Keberhasilan Bill Russell yang tak tertandingi di lapangan dan aktivisme hak-hak sipil perintis layak untuk dihormati dengan cara yang unik dan bersejarah,” kata Komisaris NBA Adam Silver. “Mengundurkan diri secara permanen No 6-nya di setiap tim NBA memastikan bahwa karir transenden Bill akan selalu diakui.”

Seorang pemain bola basket superstar pada 1950-an dan 1960-an, Russell terpilih sebagai All-Star belasan kali dalam 13 tahun bersama Celtics, di mana ia menjadi salah satu suara terkemuka olahraga untuk hak-hak sipil dan keadilan sosial di Amerika Serikat.

Celtics sebelumnya telah memensiunkan jerseynya pada tahun 1972.

Pemain yang saat ini memakai nomor 6 – termasuk LeBron James dari Los Angeles Lakers – dapat terus menggunakannya. Tapi nomornya tidak bisa dikeluarkan lagi, kata liga.

Semua pemain NBA akan mengenakan tambalan di bahu kanan kaus mereka musim ini, kata liga, dan setiap lapangan NBA akan menampilkan logo berbentuk semanggi dengan nomor 6 di pinggir dekat meja pencetak gol.

LeBron James melompat ke keranjang

Penyerang Los Angeles Lakers LeBron James akan dapat terus mengenakan jersey nomor 6 miliknya, tetapi nomor tersebut tidak dapat diberikan lagi kepada pemain yang belum menggunakannya (AP Photo/Phelan M. Ebenhack)

Boston Celtics memiliki "pengakuan terpisah dan unik untuknya di seragam mereka", kata NBA.

Russell meninggal pada 31 Juli pada usia 88 tahun. Dia adalah pemenang paling produktif dalam sejarah NBA, juara 11 kali selama 13 tahun karir — memenangkan dua gelar terakhir sebagai pemain-pelatih — dan Black pertama pelatih di salah satu olahraga pro utama AS untuk memenangkan kejuaraan.

Baca Juga: Hadir di Piala Presiden Esports 2022 Tim Baru Bertajuk WORLD

Dia menerima penghargaan itu bersama Martin Luther King Jr, berdiri bersama Muhammad Ali dan menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama.

Dan setelah nomornya pensiun di seluruh liga menempatkan dia di klub yang sangat eksklusif.

Major League Baseball secara permanen pensiun nomor 42 - untuk menghormati Jackie Robinson, yang memecahkan penghalang warna liga besar - dengan pemahaman bahwa mereka yang memakai nomor itu dapat terus melakukannya. Mariano Rivera dari New York Yankees adalah yang terakhir di jurusan yang memakai nomor 42, melakukannya melalui musim terakhirnya pada tahun 2013.

National Hockey League, setelah Wayne Gretzky pensiun pada tahun 1999, mengatakan nomor 99-nya akan dipensiunkan di seluruh liga untuk menghormati pemimpin skor sepanjang masa olahraga itu.

Dan sekarang, Russell mendapat perlakuan yang sama. Tampaknya juga pas bahwa dia dan Robinson — keduanya pemecah penghalang — dihubungkan lagi. Russell menyebut Robinson seorang pahlawan, pernah mengatakan bahwa "dia menunjukkan kepada saya cara untuk menjadi seorang pria dalam olahraga profesional".

Robinson, jelas, juga menjunjung tinggi Russell. Rachel Robinson, jandanya, meminta Russell untuk menjadi pengusung jenazah di pemakaman suaminya pada tahun 1972.

“Ini adalah kehormatan penting yang disediakan untuk salah satu juara terbesar yang pernah bermain game ini,” kata Direktur Eksekutif NBPA Tamika Tremaglio. “Tindakan Bill di dalam dan di luar lapangan sepanjang hidupnya membantu membentuk generasi pemain menjadi lebih baik dan untuk itu, kami selamanya bersyukur. Kami bangga melanjutkan perayaan hidup dan warisannya bersama liga.”

Ada lebih dari 250 pemain dalam sejarah NBA yang mengenakan nomor punggung 6, termasuk 24 yang melakukannya setidaknya dalam satu pertandingan musim lalu — terutama James, yang berganti-ganti antara 6 dan 23 sepanjang karir NBA-nya.

Tidak ada yang memakai nomor 6 untuk Celtics sejak musim terakhir Russell, 1968-69.

Russell adalah salah satu dari 12 pemain yang saat ini diabadikan di Basketball Hall of Fame yang mengenakan Nomor 6 di beberapa titik dalam karir mereka. Yang lainnya adalah: Julius Erving, Patrick Ewing, Ben Wallace, Don Barksdale, Chuck Cooper, Larry Costello, Tom Gola, Cliff Hagan, Alex Hannum, Buddy Jeanette dan Neil Johnston.

 

 

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...