Implan Mata yang Dibuat Menggunakan Protein Kulit Babi Mampu Mengembalikan Penglihatan Pada 14 Orang Buta

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:53 WIB
Implan Mata yang Dibuat Menggunakan Protein Kulit Babi Mampu Mengembalikan Penglihatan Pada 14 Orang Buta Implan Mata yang Dibuat Menggunakan Protein Kulit Babi Mampu Mengembalikan Penglihatan Pada 14 Orang Buta

RIAU24.COM - Implan mata yang dikembangkan menggunakan protein yang diekstraksi dari babi memulihkan penglihatan pada 14 orang buta yang memiliki kornea mata yang sakit atau rusak. 

<a href=Implan Mata Dibuat Menggunakan Protein Kulit Babi Mengembalikan Penglihatan Pada 14 Orang Buta" src="https://im.indiatimes.in/content/2022/Aug/Article-Body---2022-08-16T123543705_62fb43dcbc612.jpg?w=725&h=400&cc=1" style="height:400px; width:725px" />

Para pasien menderita keratoconus - suatu kondisi di mana lapisan luar pelindung mata semakin menipis dan menonjol keluar. 

14 pasien yang disebutkan sebelumnya buta sebelum mereka menerima implan, tetapi dua tahun setelah prosedur, mereka mendapatkan kembali sebagian atau hampir semua penglihatan mereka, dengan tiga melaporkan penglihatan sempurna pasca operasi.

Baca Juga: Pfizer Beli Aplikasi Smartphone yang Bisa Deteksi Covid 19 dari Suara Batuk

Sekitar 12 pasien Iran mengalami ketajaman visual rata-rata 20,58 dengan kacamata. Untuk menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif, penglihatan fungsional adalah 20/40 atau lebih baik dengan lensa . 

Bagaimana implan dibuat?

Untuk membuat implan, peneliti melarutkan jaringan babi untuk membentuk larutan kolagen murni. Ini digunakan untuk membuat hidrogel yang meniru kornea manusia. Ahli bedah kemudian membuat sayatan di kornea pasien untuk memasukkan hidrogel. Hidrogel dimasukkan untuk mengentalkan kornea dan membentuk kembali sehingga dapat mengembalikan fungsi kornea.

Secara konvensional, jaringan manusia diperlukan untuk membuat transplantasi seperti itu, namun seringkali pasokannya terbatas. Jadi para peneliti mencari pengganti yang murah dan tersedia secara luas. Dan kolagen dari kulit babi pada dasarnya adalah produk sampingan dari industri makanan, sehingga lebih mudah diperoleh. 

Terlebih lagi, setelah dua tahun, tubuh pasien tidak menolak implan dan bahkan tidak memiliki jaringan parut atau peradangan.

Implan Mata Dibuat Menggunakan Protein Kulit Babi Mengembalikan Penglihatan Pada 14 Orang Buta

Baca Juga: Google akan Menghentikan Layanan Streaming Stadia Setelah 3 Tahun Peluncuran

Para peneliti juga menyoroti bahwa ada keterbatasan pada studi percontohan. Tidak jelas apakah operasi akan berhasil untuk pasien yang memiliki bentuk lain dari penyakit kornea selain keratoconus. 

Implan berguna untuk menggantikan stroma -- lapisan tengah kornea. Jadi itu hanya berguna untuk penyakit di mana bagian kornea itu berperan dalam patologi. Selain itu, terapi tidak akan berguna untuk pasien dengan jaringan parut pasca infeksi bakteri atau virus.

Para peneliti berharap untuk mereplikasi hasil penelitian pada 100 pasien lagi dan kemudian bekerja untuk mendapatkan persetujuan peraturan dari lembaga seperti Food and Drug Administration. 

Mereka berharap untuk membuat implan tersedia di negara-negara di mana jaringan donor manusia dalam jumlah terbatas.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...