Ajaib, Tes Darah Ini Dapat Mendeteksi 50 Jenis Kanker Sebelum Gejalanya Muncul

Kamis, 15 September 2022 | 10:07 WIB
Ajaib, Tes Darah Ini Dapat Mendeteksi 50 Jenis Kanker Sebelum Gejalanya Muncul Ajaib, Tes Darah Ini Dapat Mendeteksi 50 Jenis Kanker Sebelum Gejalanya Muncul

RIAU24.COM - Sebuah tes darah sederhana bernama 'Galleri' yang dapat mendeteksi lebih dari 50 jenis kanker sebelum mereka menunjukkan tanda-tanda atau gejala klinis cukup akurat untuk digunakan sebagai tes skrining multi-kanker, menurut para ilmuwan.

Perusahaan yang mengembangkan dan mendanai penelitian tersebut, GRAIL, Inc. (California, USA), baru-baru ini membuat tes deteksi dini multi-kanker tersedia di Amerika Serikat hanya dengan resep dokter. Ini akan melengkapi prosedur skrining lainnya saat ini untuk kanker payudara, serviks, prostat, paru-paru, dan usus. 

Baca Juga: Asam Lambung Kambuh! 4 Minuman Ini Efektif Redakan Refluks Asam

Versi Galleri sebelumnya ditunjukkan dalam uji klinis mampu mendeteksi lebih dari 50 bentuk kanker dengan pengambilan darah tunggal, 45 di antaranya tidak direkomendasikan skrining.

Secara total, lebih dari 134.000 orang telah berpartisipasi dalam uji klinis tes darah GRAIL. Pemeriksaan juga mengungkapkan lokasi kanker. 

Baca Juga: Studi Menyebutkan Mimpi Bisa jadi Tanda Peringatan Dini Risiko Demensia

“Ketika sinyal kanker terdeteksi dalam uji coba ini, tes ini juga menunjukkan dengan tepat di mana kanker berada di dalam tubuh dengan akurasi tinggi,” kata Dr Joshua Ofman, kepala petugas medis dan kepala urusan eksternal di GRAIL, kepada Healthline. 

"Ini membantu penyedia layanan kesehatan untuk menentukan langkah selanjutnya untuk diagnosis dan perawatan."

Banyak kanker yang dapat dideteksi oleh tes ini tidak benar-benar memiliki tes skrining, termasuk kanker hati, pankreas, dan kerongkongan, yang termasuk di antara yang paling mematikan dan di mana deteksi dini dapat menyelamatkan nyawa.  ***

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...