Inilah 10 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Cuma Seluas 0,17 Mil Persegi!

Kamis, 15 September 2022 | 11:03 WIB
Berikut 10 nama negara terkecil di dunia /pinterest Berikut 10 nama negara terkecil di dunia /pinterest

RIAU24.COM Dunia berisi miliaran demi miliaran orang yang tersebar jauh dan luas. Sama seperti orang-orang itu sendiri, negara-negara juga bisa agak aneh dan menyimpan beberapa fakta yang sangat menarik.

Baca Juga: Marah! Eks Vokalis Payung Teduh Is Pusakata: Lagu 'Akad' Hanya Boleh Dinyanyikan Pria

Mungkin kita sering bertanya-tanya apa saja negara terbesar, terpanjang, terendah, atau termewah di dunia dan keajaiban apa yang dimiliki negara itu.

Di artikel ini kita akan melihat 10 negara terkecil di dunia yang telah dirangkum Riau24 dari berbagai sumber.

Tapi jangan tertipu oleh ukurannya, tempat-tempat ini menyimpan beberapa informasi menarik dari orang-orang hingga lanskapnya.

10. Grenada – 133 Mil Persegi

Grenada, atau Rempah-rempah Karibia, adalah negara terkecil kesepuluh di dunia. Pada Januari 2016, Grenada memiliki populasi lebih dari 107.000.

Dibandingkan dengan beberapa negara yang akan datang, adalah lokasi berpenduduk cukup rendah berukuran 133 mil persegi (344 km persegi).

Grenada dikenal sebagai Rempah-Rempah Karibia sebagai salah satu produsen pala dan fuli terbesar di dunia, dengan penduduk mengatakan baunya tercium di sekitar pulau. Olahraga paling populer di negara ini adalah kriket.

9. Malta – 122 Mil Persegi

Jika dibandingkan dengan populasi Grenada yang berjumlah 107.000, Malta praktis merupakan kerajaan yang ramai. Dengan lebih dari 419.500 orang pada Januari 2016, ini menjadikannya salah satu negara terpadat di Eropa.

Republik Malta terdiri dari 3 bagian terpisah; Gozo, Comino dan Malta. Menurut laporan tahun 2013 oleh PBB, Malta adalah negara paling bahagia ke-48 di dunia.

Malta adalah rumah bagi gua Calypso, gua yang menghadap ke Pantai Sandy, Teluk Ramla. Fitur ini di Homers ‘The Odyssey’ sebagai lokasi Calypso mengurung Odysseus sebagai ‘tahanan cinta’ selama tujuh tahun. Dia menjamin keabadian jika dia tinggal bersamanya tapi dia lari ke istrinya Penelope.

8. Maladewa – 116 Mil Persegi

Maladewa adalah negara kepulauan dengan 1.192 pulau karang yang dikelompokkan menjadi 26 atol karang, 200 di antaranya berpenghuni. Hal ini membuat Maladewa negara yang lanskapnya paling tersebar di Asia.

Maladewa menjadi negara merdeka pada tahun 1965 dan pada Januari 2016 populasinya hanya di bawah 367.000. Perubahan iklim adalah masalah serius ketika datang ke daerah ini.

Pada tahun 2009, presiden saat itu, dan 13 pejabat lainnya duduk di meja di dasar laut. Mereka mengenakan perlengkapan selam lengkap untuk meningkatkan kesadaran tentang potensi bahaya yang dihadapi pulau-pulau itu.

7. Saint Kitts dan Nevis – 101 Mil Persegi

Negara dua pulau ini terletak di Karibia Timur dan pada Januari 2016, populasinya lebih dari 6 kali lebih sedikit dari Maladewa pada 55.000 dan hanya 15 mil persegi lebih kecil. Ini menunjukkan sifat terpencil dari tempat yang indah.

Ada beberapa tokoh yang sangat disegani yang pernah menyebut pulau ini sebagai rumah. Alexander Hamilton salah satu bapak pendiri AS misalnya lahir di sini.

6. Liechtenstein – 62 Mil Persegi

Liechtenstein adalah negara yang sangat menarik dengan beberapa kejadian yang sangat aneh selama masa hidupnya. Pada Januari 2016, populasinya hanya 37.000, itu 10 kali lebih kecil dari Maladewa.

Ditemukan antara Swiss dan Austria negara ini sangat aman, tingkat kejahatan sangat rendah dengan pembunuhan terakhir terjadi pada tahun 1997!

Lichtenstein memiliki sejarah yang aneh dalam hal militer juga. Pada bulan Maret 2007 negara itu secara tidak sengaja diserang oleh tentara Swiss, ketika 170 tentara bersenjata berkeliaran 1 mil melintasi perbatasan yang tidak ditandai.

5. San Marino – 23,5 Mil Persegi

San Marino mengklaim sebagai negara berdaulat tertua yang masih ada. Pada Januari 2016, San Marino memiliki populasi sekitar 32.000 orang. Seperti yang Anda lihat, ini adalah negara yang cukup kecil yang sebenarnya cukup padat penduduknya.

Apalagi jika dibandingkan dengan Saint Kitts dan Nevis, yang memiliki tambahan 77,5 mil persegi dan hanya 13.000 orang lebih yang tinggal disini.

San Marino memiliki hubungan yang agak aneh dengan AS. Pada tahun 1861 pemerintah San Marino menulis surat kepada presiden saat itu Abraham Lincoln menanyakan apakah dia ingin membentuk aliansi.

Pada gilirannya mereka akan memberinya kewarganegaraan kehormatan San Marino, Lincoln menerima tawaran ini. Namun, dalam hal olahraga, dan khususnya sepak bola, San Marino tidak begitu sukses.

Setelah terbentuk pada tahun 1990, kemenangan internasional pertama mereka tidak datang sampai tahun 2004 ketika mereka mengalahkan Liechtenstein 1-0!

4. Tuvalu – 10 Mil Persegi

Tuvalu sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice (bukan Pulau Ellis) tak jauh dari Timur Laut Australia. Hanya ada satu rumah sakit di pulau itu dengan populasi di bawah 10.000 per Januari 2016, yaitu 384 orang per km persegi!

Pulau ini cukup rendah dengan titik tertinggi hanya 16 kaki di atas permukaan laut.

Tuvalu adalah lokasi yang cukup terpencil dengan hanya 2.000 pengunjung pada tahun 2010 dan 65% dari mereka adalah untuk bisnis. Namun itu memang memiliki sistem gua yang agak aneh.

Pada tahun 1986, 2 penyelam menemukan gua bawah air, ini tentu saja tidak terlalu aneh tetapi ketika mereka melihat bercak gelap yang mirip dengan api yang menghanguskan, membuat keanehan itu muncul.

Dipercaya bahwa ribuan tahun yang lalu pulau itu jauh lebih tinggi dari laut dibandingkan dengan hari ini, secara teoritis menunjukkan betapa bervariasinya permukaan laut.

3. Nauru – 8 Mil Persegi

Nauru adalah sebuah pulau di sebelah timur Australia. Ini adalah negara pulau terkecil dan dengan populasi sekitar 10.200 orang pada Januari 2016, jelas tidak serendah itu dibandingkan dengan contoh sebelumnya.

Negara ini, meskipun sangat indah, memiliki masalah nyata dengan pengangguran. Hanya 10% dari penduduk yang bekerja, semuanya oleh pemerintah.

Pulau ini memiliki masalah serius dengan obesitas juga, sering dikategorikan sebagai negara pulau paling gemuk. 97% pria dan 93% wanita mengalami obesitas. Karena itu, diabetes tipe 2 juga sangat menonjol di Nauru, dengan 40% orang menderita.

2. Monako – 0,75 Mil Persegi

Monaco adalah negara yang sangat kaya seperti yang kita semua sadari, pernah menjadi tuan rumah Grand Prix dan berbagai acara lainnya. Negara ini berbatasan dengan Perancis dan benderanya sangat mirip dengan Indonesia, bedanya bendera Indonesia lebih lebar.

AS Monaco, klub sepak bola utama negara itu, bermain dengan bendera merah putih dan disebut Les Rouge et Blanc atau merah putih.

Stadion AS Monaco Stade Louis II mampu menampung lebih dari setengah populasi negara itu, yang pada Januari 2016, berjumlah lebih dari 37.500!

1. Negara Kota Vatikan – 0,17 Mil Persegi

Terletak di Roma, Italia, Kota Vatikan adalah rumah Paus dan banyak tokoh agama lainnya. Dengan populasi hanya 800 dan dari mereka yang hanya 450 memiliki kewarganegaraan yang sebenarnya, banyak warga benar-benar tinggal di tempat lain.

Kedaulatannya diakui oleh pemerintah Italia di bawah Perjanjian Lateran pada 11 Februari 1929.

Vatikan mencetak perangko sendiri, mengeluarkan paspor dan plat nomor, mencetak euro sendiri dan memiliki bendera dan lagu kebangsaan sendiri. Satu-satunya kemampuan yang tidak dimiliki adalah perpajakan.

Pengawal Swiss melindungi Kota Vatikan, tujuan utamanya adalah untuk melindungi Paus dan telah sejak 1506 ketika Paus Julius II menyewa Swiss sebagai pelindungnya sendiri.

Baca Juga: Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Tertawa

Itulah 10 negara terkecil di dunia yang memiliki wilayah sangat sempit namun berpenghuni.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...