Festival Film Locarno Perkenalkan Penghargaan Akting Untuk Netral Gender

Jumat, 16 September 2022 | 09:53 WIB
Festival Film Locarno perkenalkan penghargaan akting untuk Netral Gender /net Festival Film Locarno perkenalkan penghargaan akting untuk Netral Gender /net

RIAU24.COM - Dimulai dengan edisi 2023, Festival Film Locarno beralih ke kategori netral gender.

Baca Juga: Rumor Raja Charles III Berencana Mengasingkan Pangeran Harry

Festival bergengsi Swiss yang menghormati sinema indie global ini mengikuti jejak Festival Film Berlin, yang mempersembahkan penghargaan pertamanya untuk pertunjukan netral gender pada tahun 2021.

Menurut Variety, Locarno akan memberikan dua hadiah untuk penampilan terbaik dalam kompetisi utama festival dan kategori Cinesti del Presente untuk karya pertama dan kedua, berbeda dengan Berlin.

Berlin mengganti penghargaan aktor dan aktris terbaik dengan penghargaan terpisah yang netral gender untuk penampilan pemeran utama dan pendukung terbaik ketika menghapus kategori aktor dan aktris terbaik.

"Sebagai salah satu festival dunia pertama yang membawa perubahan, Locarno sudah mulai bekerja. Mempersiapkan edisi ke-76 tahun depan sebagai acara yang lebih terbuka dan inklusif, yang mampu sepenuhnya mewakili bakatnya," kata festival tersebut dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan kepada Variety.

"Tempat pertemuan dan pertukaran, di mana nilai keragaman dan suara minoritas diakui sebagai salah satu aset terkuatnya," tambah pernyataan itu.

Direktur kreatif Locarno, Giona A. Nazzaro, menyatakan, "Kami percaya bahwa pilihan kami akan lebih meningkatkan upaya kami untuk menunjukkan dan menghargai bakat dan kreativitas, melampaui kategori individu yang sekarang sudah usang. Dunia bergerak maju di jalur yang paling pasti non-biner.”

Baca Juga: Sertifikat Kematian Ratu Elizabeth II Diterbitkan, Ungkap Penyebab dan Waktu Meninggal

Marco Solari, presiden Festival Locarno, melanjutkan, "Sebagai Presiden, saya menyambut baik proposal dari Direktur Artistik dan timnya, yang sangat selaras dengan perubahan kepekaan yang diperlukan saat ini."

Locarno ke-76 akan berlangsung dari 2 Agustus hingga 12 Agustus 2023.

(***)

 

PenulisR24/tya


Loading...

Terpopuler

Loading...