Kisah Dunia Pendidikan Amerika Serikat Sebelum Merdeka

Sabtu, 24 September 2022 | 09:27 WIB
Ilustrasi. Sumber: WDR Ilustrasi. Sumber: WDR

RIAU24.COM - Tidak seperti saat ini, pendidikan sekolah di Amerika Serikat (AS) pada masa penjajahan di abad ke-17 dan 18 belum terstandar.

Salah satunya ketika belum ada pendidikan gratis yang dibiayai oleh pajak, seperti yang muncul pada pertengahan abad ke-19 dikutip dari history.

Tiap-tiap sekolahan di koloni pada 1776 seperti New Hampshire, New York, Massachusetts, Connecticut, Rhode Island, Maryland, Virginia New Jersey, Pennsylvania, Delaware, North Carolina, South Carolina, dan Georgia memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Rumor Raja Charles III Berencana Mengasingkan Pangeran Harry

Semua tergantung pada ras dan wilayah tinggalnya. Sekolah kolonial umumnya dibuka untuk penjajah dari Eropa yang mampu membayar biaya tinggi.

Namun, ada juga sejumlah kecil sekolah yang menawarkan pendidikan lebih inklusif.

Bagi kaum puritan Inggris yang mendirikan Koloni Teluk Massachusetts pada tahun 1630, literasi dan pendidikan merupakan prioritas tertinggi.

Sebab, Reformasi Protestan didasarkan pada keyakinan bahwa umat beriman dapat berkomunikasi langsung dengan Tuhan dengan cara membaca Alkitab.

Seiring berjalannya waktu, Massachusetts meloloskan undang-undang pertama yang mengatur pendidikan di Amerika.

Baca Juga: Sertifikat Kematian Ratu Elizabeth II Diterbitkan, Ungkap Penyebab dan Waktu Meninggal

Hukum Kehadiran Wajib Massachusetts tersebut disahkan pada tahun 1642.

Hukum ini tidak mengharuskan anak-anak untuk pergi ke sekolah, tetapi menyatakan bahwa semua kepala rumah tangga Massachusetts bertanggung jawab atas pendidikan setiap anak yang tinggal di bawah atap mereka.

Termasuk anak-anak pelayan dan magang. Pendidikan dalam hal ini mencakup membaca, agama, dan hukum.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...