Makanan dan Minuman yang Mesti Kamu Hindari Sebelum Tidur

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 23:37 WIB
 Makanan dan Minuman yang Mesti Kamu Hindari Sebelum Tidur Makanan dan Minuman yang Mesti Kamu Hindari Sebelum Tidur

RIAU24.COM - Untuk kami yang memiliki berbagai kesibukan sehari-hari tentu sudah untuk mendapatkan tidur yang ideal. Tak hanya kegiatan, makanan dan minuman yang kamu konsumsi juga dapat mempengaruhi waktu tidur kamu.

Sehingga, jika ingin memprioritaskan tidur, kamu dapat menghindari makanan dan minuman yang memberikan energi sehingga membuat tubuh tetap segar meski sudah waktunya tidur. 

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat

Inilah makanan dan minuman yang bisa mengganggu tidur malam hari, dilansir dari Livestrong, Ahad, 14 Agustus 2022. 

1.Alkohol

Mungkin mengejutkan bahwa alkohol mengganggu tidur karena orang sering menggunakannya untuk bersantai dan melepas kantuk. Padahal, alkohol adalah obat penenang, sehingga bisa membuat mengantuk.

Meskipun benar bahwa itu dapat membantu Anda tertidur, minum alkohol sebelum tidur tidak akan membantu tertidur atau mendapatkan tidur yang berkualitas. "Alkohol bertindak sebagai diuretik, yang menyebabkan lebih sering ke kamar mandi di malam hari," kata Breus. Alkohol juga mempersulit Anda untuk mencapai tidur REM, tahap akhir penting dari tidur yang membantu mengatur suasana hati dan meningkatkan retensi memori.

2.Minuman berkafein

Kelihatannya sepele, tapi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda adalah beberapa minuman terburuk untuk tidur. Namun sayangnya, mengonsumsi banyak kafein atau mengonsumsi kafein terlalu larut dapat mengganggu tidur.

"Kafein adalah penekan melatonin, yang dapat menghilangkan manfaat makanan kaya melatonin dalam makanan sehari-hari," kata Michael J. Breus, seorang psikolog klinis, penulis tidur dan diplomat dari American Board of Sleep Medicine. "Minum bahkan satu cangkir kopi dalam beberapa jam tidur adalah ide yang buruk, karena kafein memiliki waktu paruh sekitar lima jam bagi kebanyakan orang."

Baca Juga: 3 Jenis Susu Formula, Bebelac Menjadi Favorit

3.Gula

Banyak alasan untuk mengurangi gula, musuh bebuyutan gusi yang sehat, dan diet tinggi gula tambahan meningkatkan risiko banyak penyakit. Pakar tidur juga memperingatkan bahwa camilan manis menempati peringkat tinggi di antara makanan terburuk untuk tidur. 

"Ada bukti bahwa makan lebih banyak gula dikaitkan dengan tidur yang lebih gelisah dan terganggu," kata Breus. Memang benar: Jumlah gula tambahan yang tinggi telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk, menurut sebuah studi Januari 2022 di American Journal of Lifestyle Medicine. 

4.Makanan pedas

Kari dianggap sebagai salah satu makanan terburuk untuk tidur karena karakteristik pedasnya. Makan makanan pedas dapat menyebabkan mulas dan refluks asam, yang dapat mengganggu tidur karena ketidaknyamanan fisik saat berbaring, menurut John Hopkins Medicine.

"Para peneliti percaya capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam makanan pedas, bisa menjadi salah satu penyebab di balik masalah tidur," kata Breus. Saat bersantai di malam hari, suhu tubuh internal harus turun secara alami. "Tapi capsaicin diduga meningkatkan suhu tubuh internal Anda, yang mengganggu tidur yang nyaman."

PenulisR24/int


Loading...
Loading...