Jelang HUT Ke 72, Polairud “Door to Door” Berikan Layanan Kesehatan Bagi Warga di Pesisir Sungai Siak

Selasa, 08 November 2022 | 20:40 WIB
Foto. Istimewa Foto. Istimewa

RIAU24.COM - PEKANBARU - Pemandangan tak biasa terlihat di pesisir Sungai Siak, Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Selasa, 8 November 2022.

Kapal Patroli Polairud Polda Riau terlihat sibuk beraktifitas disepanjang Pesisir Sungai Siak, sejak pagi hingga sore hari.

Kapal dinas molik Polairud Polda Riau tersebut tampak merapat ke rumah-rumah warga yang tinggal di Pesisir Sungai Siak.

Dari atas kapal patroli terlihat personel Polairud yang sibuk berinteraksi dengan warga pesisir sungai.

Baca Juga: Kisah Haru Hari Guru ke 77, Bu Lindar Bercucur Airmata Didatangi Ditresnarkoba Polda Riau ke Rumahnya

Bukan persoalan, ternyata para polisi berbaret biru tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan warga hingga membagikan obat obatan untuk masyarakat.

Warga bernama Anto mengaku awalnya sempat was-was dengan kehadiran para polisi itu. Awalnya dia menyangka ada permasalahan yang membuat penjaga perairan itu mendatangi rumah-rumah masyarakat di Pesisir Sungai Siak.

“Tadi sempat kaget, kebetulan rumah saya juga didatangi. Saya pikir ada masalah apa. Setelah datang ternyata bapak-bapak Polisi itu memberikan pengobatan gratis kepada kami warga disini. Puskesmas keliling katanya, tapi pakai kapal patroli,” kata Anto.

Baca Juga: Gudang Raja Matras Bantu Kasur dan Sembako pada Korban Kebakaran Kampung Baru

Anto mengaku Puskesmas Keliling yang diadakan Polairud itu sangat memberikan manfaat kepada masyarakat yang tidak sempat atau tidak dapat pergi ke toko obat kesehatan yang lokasinya jauh dari rumah.

“Iya kalau kami di pinggiran sungai ini kadang susah juga mau keluar. Jadi ini kami senang dengan apa yang dilakukan pak polisi ini, kami sangat terbantu,” lanjutnya.

Anto berharap agar Puskesmas Keliling yang dilakukan oleh Polairud ini agar dilakukan secara rutin.

“Kalau rutin, kami masyarakat jadi lebih mudah, kami pasti amat senang. Ada bapak polisi yang datang memberikan pertolongan kepada kami,” ungkap Anto.

Dirpolairud Polda Riau Kombes Eko Irianto menjelaskan program Puskesmas Keliling menggunakan kapal patroli merupakan program sosial yang dilakukan untuk membantu masyarakat.

“Iya memang sengaja kami adakan puskesmas keliling untuk membantu warga masyarakat. Kami ingin kehadiran Polri dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya di pesisir sungai yang kadang sulit untuk mendapat pelayanan perobatan,” ujar Kombes Eko.

Selain itu, progam ini juga serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperingati HUT ke 72 Polairud Tahun 2022.

“Selain puskesmas keliling, personel kami juga ada yang rutin memberikan Alquran dan Iqro, bahkan mengajar membaca Alquran ditempat anak-anak mengaji di Pesisir Sungai Siak,” tutupnya.

PenulisR24/amri


Loading...

Terpopuler

Loading...