Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang SDM Buka CTU Angkatan I

Rabu, 16 November 2022 | 19:22 WIB
Kegiatan CTU Kegiatan CTU

RIAU24.COM -BENGKALIS - Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Alfakhrurrazy, membuka kegiatan Pelatihan Teknologi Kontrasepsi Terkini/Contraseptive Technologi Update (CTU) Angkatan 1 Region Mandau Kabupaten Bengkalis tahun 2022, Rabu 16 November 2022.

Pembukaan kegiatan tersebut, ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Staf Ahli Bupati SDM dan kemasyarakatan tersebut, yang mana pelatihan itu diikuti oleh 15 orang perwakilan dari Kecamatan Mandau dan mendatangkan narasumber dari Provinsi Riau, yakni dr. Noviardi selaku Ketua Pusat Pelatihan Klinik Sekunder Provinsi Riau.

Baca Juga: Wabup Bagus Santoso Sebut Keprihatinan dan Bangga Kepada Polres Bengkalis

Nantinya, kegiatan ini akan dilangsungkan sebanyak 2 gelombang, diantaranya di wilayah Mandau, dan Bengkalis. Untuk wilayah Mandau akan dilaksanakan tanggal 16-20 November sedangkan wilayah Bengkalis pada tanggal 30 November - 4 Desember mendatang.

Dengan dilangsungkannya kegiatan ini, tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Bengkalis mampu melayani secara langsung berbagai jenis metode dari kontrasepsi yang paling cocok dengan kondisi masing-masing peserta KB.

"Apalagi metode kontrasepsi yang digunakan seperti IUD dan KB Implan memerlukan kompetensi khusus dalam pemasangan maupun pencabutannya sehingga selain memerlukan pengetahuan diperlukan juga kemampuan khusus. Untuk itu, dibutuhkan pelatihan bagi para tenaga medis agar mampu melakukannya secara mandiri,"ungkapnya.

Baca Juga: Dandim 0303 Bengkalis Menegaskan, Jika Ada Jajarannya Terlibat Peredaran Narkoba Akan Ditindak Tegas Sesuai Mekanisme

Mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis tersebut juga menginginkan dengan adanya pelatihan ini, dapat mendukung kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bengkalis karena pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat, para bidan juga sebagai penyedia informasi dimasyarakat yang harus memberikan penyuluhan perencanaan kehamilan serta persalinan.

"Karena itu, para bidan harus benar-benar memahami serta mengetahui berbagai hal penting yang berhubungan erat dengan perihal keluarga berencana,"pungkasnya.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...