Semakin Mengerikan, Zomato Mengonfirmasi PHK di Seluruh India

Senin, 21 November 2022 | 16:33 WIB
Semakin Mengerikan, Zomato Mengonfirmasi PHK di Seluruh India Semakin Mengerikan, Zomato Mengonfirmasi PHK di Seluruh India

RIAU24.COM - Pada hari Sabtu, di tengah laporan dan spekulasi kemungkinan PHK, agregator makanan Zomato juga mengonfirmasi bahwa mereka akan memberhentikan kurang dari 3 persen tenaga kerjanya di seluruh negeri berdasarkan kinerja reguler. 

Ini terjadi di tengah apa yang disebut banyak orang sebagai "musim pemutusan hubungan kerja" setelah raksasa teknologi besar memecat karyawan yang memengaruhi ribuan orang di seluruh dunia. 

“Ada churn berbasis kinerja reguler di bawah 3 persen dari tenaga kerja kami, tidak ada yang lebih dari itu,” kata juru bicara Zomato. Khususnya, PHK ini diumumkan setelah keluarnya tiga eksekutif tingkat atas perusahaan, termasuk co-founder Mohit Gupta pada hari Jumat. 

Baca Juga: Tingkatkan Omset dengan Iklankan Bisnismu Bersama Swastika Advertising


Awal bulan ini, kepala inisiatif baru perusahaan, Rahul Ganjoo, dan mantan kepala layanan Intercity Legends, Siddharth Jhawar juga berhenti. 

Platform pengiriman makanan saat ini mempekerjakan setidaknya 3.800 orang. 

Itu telah memecat hampir 520 karyawan (13 persen dari tenaga kerja) pada tahun 2020 menyusul kemerosotan bisnis selama pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Kepala Fed AS Sebut Kenaikan Suku Bunga Dapat Menurun, Asal...

Setidaknya 100 karyawan telah terpengaruh di berbagai fungsi seperti produk, teknologi, katalog, dan pemasaran, kata MoneyControl mengutip orang yang mengetahui masalah tersebut. 

“Peran ini menjadi mubazir karena karyawan yang kebanyakan dari peran menengah hingga senior ini bekerja saat produk diubah. Bukan karena pengerjaan produknya sudah selesai, mereka sudah di-release,” ujar sumber tersebut. 

Menurut laporan tersebut, karyawan tersebut akan dipecat paling cepat minggu ini karena perusahaan ingin memangkas biaya dan menjadi menguntungkan di tengah lingkungan makro yang semakin menantang. 

Zomato mengalami kerugian bersih sebesar Rs 250,8 crores ($2,5 miliar) pada kuartal terakhir, pada bulan September jika dibandingkan dengan kerugian tahun fiskal sebelumnya sebesar Rs. 434,9 crores ($4,3 miliar) pada kuartal yang sama. 

***

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...