7 Tips yang dapat Kembalikan Kondisi Kulit Kering dan Kusam Kamu Menjadi Gloweing dan Lembab

Rabu, 23 November 2022 | 15:14 WIB
Ilustrasi Kulit Kering. (Pixabay) Ilustrasi Kulit Kering. (Pixabay)

RIAU24.COM - Apakah kamu merasa kulit kamu terasa kering, kasar, cenderung kusam, mengelupas, perih, atau bahkan terasa gatal? Kalau iya, artinya kamu memiliki kulit wajah yang kering. 

Teman Kulit yang kering biasanya disebabkan oleh beragam faktor, misalnya hormon, keturunan atau genetik, lingkungan, suhu yang ekstrim (terlalu panas/dingin), atau karena salah menggunakan produk perawatan wajah. 

Baca Juga: Neymar Jr Jalani Diet Hypercaloric, Apa Saja yang Dimakan?
 

1. Hindari mandi memakai air panas

Cara mengatasi kulit wajah kering yang pertama adalah menghindari mandi menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas.

Memang benar, mandi menggunakan air panas dapat membuat pikiran rileks dan menghilangkan rasa pegal di tubuh. Namun, apabila suhu air yang digunakan terlalu panas, sayangnya justru membuat kulit menjadi semakin kering dan bertekstur. 

Selain menghindari mandi memakai air panas, pastikan juga untuk tidak mandi terlalu lama. Karena dengan mandi dalam waktu yang lama membuat air yang ada di permukaan tubuh akan banyak menguap dan akibatnya kulitmu akan menjadi kering. 

Sebaiknya Anda mandi dengan durasi 8-10 menit sudah cukup menghidrasi dan membersihkan kulit secara menyeluruh.

2. Penuhi asupan air putih

Selain membuat kulit nampak bercahaya, memenuhi asupan air putih juga menjadi salah satu cara mengatasi kulit wajah kering yang bisa kamu lakukan.

Ketika tubuh kita kekurangan air, kulit menjadi bagian tubuh yang paling pertama terkena imbasnya. Kulit bisa menjadi  kering, kusam, serta lebih mudah iritasi. 

Hal ini dikarenakan air berperan besar dalam menjaga kelembapan kulit. Jadi, pastikan agar mencukupi kebutuhan air putih sesuai dengan tubuh masing-masing. 

Kamu bisa mengetahui kebutuhan air putih yang diperlukan oleh tubuhmu dengan mengalikan berat badan dikali 30ml air. Hasil itulah jumlah asupan air yang dibutuhkan oleh tubuhmu. 

Atau kamu bisa mengikuti sesuai anjuran secara umum, yaitu minum air sebanyak 8 gelas yang setara dengan 2 liter air.

4. Perbanyak makanan kaya antioksidan dan Omega-3

Memastikan tubuh mengonsumsi makanan kaya antioksidan dan omega-3 juga menjadi cara mengatasi kulit wajah kering selanjutnya yang penting untuk dilakukan. 

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, kulit akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari kerusakan kulit yang diakibatkan oleh racun atau radikal bebas. 

Kamu bisa konsumsi buah blueberry, tomat, wortel, salmon, dan kacang-kacangan yang kaya akan antioksidan dan Omega-3.

Baca Juga: Rekomendasi Fashion Mewah dan Elegan untuk Menyambut Natal dan Tahun Baru 2023  

5. Pakai Skincare yang Lembut & Melembapkan

Memakai dan mengaplikasikan skincare yang melembapkan, sudah pasti menjadi cara mengatasi kulit wajah kering selanjutnya yang wajib kamu lakukan. 

Dengan begitu, kulit wajah pasti akan tetap terjaga kelembapannya secara optimal. Namun, tak jarang kita kurang teliti dalam memilih produk skincare tertentu yang kandungannya justru dapat membuat kulit kering menjadi semakin parah. 

6. Pakai pelembap udara atau air humidifier

Menggunakan pelembap udara atau air humidifier di dalam ruangan bisa menjadi cara mengatasi kulit wajah kering juga, lho. 

Air humidifier bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara ruangan. 

Sehingga, kulit pun jadi terasa lembap, tidak mudah gatal, tidak iritasi, dan tidak pecah-pecah.

7. Konsumsi buah-buahan tinggi serat

Cara mengatasi kulit wajah kering yang terakhir adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi serat.  

Tidak hanya penuh dengan manfaat untuk tubuh, tetapi buah-buahan juga mampu menjaga kesehatan kulit. 

Mungkin buah-buahan bisa dikatakan sebagai terapi bagi kulit kering karena memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan air, yang sangat baik untuk perawatan kulit dari dalam. 

Contoh buah-buahan tinggi serat yang bisa kamu konsumsi, antara lain: alpukat, pepaya, apel, pir, pisang, kiwi, dan sebagainya.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...