LIDA Tahun 2022, Bupati Kasmarni Serahkan Penghargaan Kepada PD, Kecamatan dan Kelurahan

Rabu, 30 November 2022 | 18:03 WIB
Bupati Kasmarni saat memberikan penghargaan Bupati Kasmarni saat memberikan penghargaan

RIAU24.COM -BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni, menyerahkan penghargaan kepada beberapa Perangkat Daerah, Kecamatan serta Kelurahan dan desa di Kabupaten Bengkalis, Rabu 30 November 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Daerah ini, dalam rangka Lomba Inovasi Daerah (LIDA) tahun 2022, yang ditaja Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis.

Adapun yang menerima penghargaan yakni Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis dengan inovasi SI BOS (Aplikasi Sistem Informasi Bantuan), Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis dengan inovasi Konseling Keliling “Sahabat Keluarga LK3 Dinas Sosial Bengkalis, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis dengan inovasi KOMPASIANA (Komunitas Masyarakat Peduli Kekerasan Rumah Tangga dan Perlindungan Perempuan dan Anak pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kecamatan Mandau, lalu Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Bengkalis dengan inovasi Layanan Dukcapil Kampung Mandiri.

Baca Juga: Lintas Komisi DPRD Bengkalis Raker Terkait Pelaksanaan Pilkades 2024

Lalu, Kecamatan Mandau, dengan Inovasi OMASUKA (Ojek Makanan Sehat Mandau Khusus Balita), Kecamatan Bantan dengan inovasi Mall/Kedai Pelayanan Publik, Kecamatan Mandau dengan inovasi SI AsyQ (Sistem Informasi Aset by QR Code), Kecamatan Bengkalis dengan inovasi SKUAD (Surat Keterangan Usaha dan Ahli Waris Delivery), Kecamatan Bengkalis dengan inovasi PANDU (Pelayanan Kecamatan Bengkalis Drive Thru), dan SI DARA PKK BUBA (Sistem Informasi Dasawisma PKK Bukit Batu).

Selanjutnya, Kelurahan Duri Timur dengan inovasi PAK LUR DUTY (Pelayanan Administrasi Kelurahan Lugas, Unggul Responsif), Kelurahan Rimba Sekampung dengan inovasi E-SEMKA (Elektornik Surat Keterangan Antar ke Alamat), Kelurahan Kota Bengkalis dengan inovasi Pecut Lurah (Pencatatan Umum Administrasi Kelurahan Berbasis Google Form), Desa Berancah dengan inovasi Pelayanan Informasi Publik Desa Berancah Secara Daring, dan Kelurahan Kota Bengkalis dengan inovasi Layanan Survei Kepuasan Masyarakat dan Pengaduan Online Berbasis Google Form.

Baca Juga: Kabar Duka, Kepala Desa Mesim Rupat Meninggal Dunia Saat Menjalankan Ibadah Umroh di Makkah

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis mengucapkan selamat kepada Kepala Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan serta Desa yang telah meraih penghargaan dalam lomba inovasi daerah.

“Kegiatan ini bernilai penting dan strategis, guna menumbuhkan semangat inovasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel, bagi perangkat daerah, kecamatan, kelurahan dan pemerintah desa serta inovasi bentuk lainnya yang ada di masyarakat,” ujar Kasmarni.

Kemudian, Wanita yang akrab disapa Bukkas itu juga berharap kepada Perangkat Daerah, Kecamatan maupun Kelurahan/Desa yang belum mendapatkan penghargaan, diharapkan bisa terus berinovasi dan berkarya, sehingga bisa berdaya guna dan berhasil guna dalam mendorong arah penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah sesuai dengan kebijakan pembangunan nasional, serta meningkatkan pelayanan publik, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan daya saing daerah.

"Apalagi inovasi seperti ini dapat membantu kita dalam meningkatkan nilai indeks inovasi daerah Kabupaten Bengkalis di ajang Innovative Government Awards (IGA) Kemendagri tersebut nantinya. Jadi, mohon doa dan dukungannya agar, Kabupaten Bengkalis bisa kembali meraih penghargaan dari Kemedagri pada ajang IGA Award tersebut,"pungkas Kasmarni

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...