Diperebutkan PPP, Berapa Peluang Sandiaga Uno Jadi Cawapres Airlangga dari KIB?

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:52 WIB
Sandiaga Uno Sandiaga Uno

RIAU24.COM - Peluang memasangkan Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno relatif besar pada Pilpres 2024 bila Sandi pindah ke PPP. Hal ini pun akan menjadi momentum untuk meneruskan estafet kepemimpinan.

Melansir nasional.sindonews.com, Peneliti BRIN Wasisto Rahardjo Jati menilai, Pemilu 2024 akan dimanfaatkan betul bagi para tokoh populer untuk maju sebagai capres atau cawapres.

"Sandiaga Uno yang selama ini menjadi bagian dari nama-nama populer berdasarkan beberapa rilis survei tentu berkeinginan maju," kata Wasisto, Selasa (17/1).

Wasisto menilai komunikasi yang dibangun Sandiaga dengan PPP adalah hal yang wajar. Meskipun hal tersebut berdampak pada hubungan yang memanas antara internal Partai Gerindra dan Sandiaga.

Baca Juga: Film Buatan BUMN Dapat Kritikan Pedas dari Kader PSI: Nggak Gitu-gitu Amat Mencari Keuntungan

"Saya pikir itu bisa jadi silaturahmi politik biasa atau bagian dari pendekatan politik untuk nominasi," ujarnya.

Wasis menambahkan, kalaupun nantinya PPP bakal mengusung Sandiaga di 2024, maka peluang munculnya duet Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno di 2024 sangat mungkin terjadi.

"Formulasi itu berpotensi dan dimungkinkan. Namun tetap perlu melihat dinamika antar koalisi seperti apa," katanya.

Wasis menambahkan, terjadinya duet Airlangga dan Sandiaga berpeluang besar. Terlebih, kombinasi ini dinilai melengkapi generasi senior dan junior.

"Saya pikir peluang itu ada, terlebih kombinasi ini mencerminkan relasi sinergis generasi senior dan muda," tutur dia.

Sandiaga dianggap berpotensi menjadi cawapres di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) apabila Sandi benar bergabung dengan PPP.

Baca Juga: Kasus ‘Polisi Diduga Diperas Polisi’, Bripka Madih Pilih Mengundurkan Diri

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif menambahkan, posisi cawapres sangat menentukan apalagi kandidat punya track record yang baik. Misalnya, punya pengalaman sebagai menteri atau background pengusaha yang punya modal logistik yang kuat.

"Jadi ini alasan PPP tertarik mendukung Sandiaga Uno sebagai capres atau cawapres potensial pilihannya PPP," kata Ikhwan.

Menurut Ikhwan, peluang Sandiaga maju di Pilpres 2024 melalui Partai Gerindra sudah tertutup. Apalagi Gerindra secara terang-terangan mendeklarasikan Prabowo sebagai capres dan keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapresnya.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...