7 Jurus Langsing dan Kenyang Lebih Lama, Wajib Dicoba Ya...

Senin, 23 Januari 2023 | 22:13 WIB
Foto : Ilustrasi Foto : Ilustrasi

RIAU24.COM - Untuk mengurangi berat badan, rumus sederhananya adalah mengurangi porsi makan. Namun, kenyataannya hal ini tidak mudah, karena ketika pasokan makanan berkurang, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon ghrelin yang memicu rasa lapar.

Akibatnya, perut akan melakukan aksi "keroncongan" yang dapat membuat Anda menambah porsi makanan. Agar terhindar dari hal ini, penting untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Berikut ini 7 tips mudah cara langsing namun tetap kenyang.

Baca Juga: 5 Gejala Kolesterol yang Bisa Terlihat Jelas dari Kulit, Begini Bentuknya 

Sarapan Protein
Protein akan membuat tubuh kenyang lebih lama, terutama jika dikonsumsi pada pagi hari. Contoh protein yang cocok untuk sarapan pagi antara lain putih telur atau yoghurt rendah lemak.

Konsumsi Kentang
Karbohidrat merupakan salah satu musuh ketika berdiet untuk langsing, karena unsur ini yang berperan menambah bobot berat badan Anda. Walau kentang mengandung karbohidrat, ternyata kentang mampu mengurangi nafsu makan.

Rahasianya adalah karena pada kentang ada tipe pati yang dapat menolak enzim pencernaan. Selain itu, kentang juga termasuk karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu cerna lebih lama sehingga usus terisi makanan lebih lama dan menimbulkan rasa kenyang.

Kentang panggang atau rebus cocok untuk makan malam. Sebaiknya, tidak mengkonsumsi kentang goreng karena kandungan minyaknya tidak baik untuk berat badan dan dapat menimbulkan kolesterol.

Makan Grapefruit
Grapefruit mungkin buah yang jarang ditemui atau bahkan baru kali ini Anda mendengarnya. Grapefruit bukanlah sejenis anggur. Buah ini berwarna kuning dan oranye dengan tekstur buah mirip dengan jeruk bali. Ya, ini karena grapefruit adalah hasil persilangan jeruk biasa dengan jeruk bali.

Khasiat buah ini terkenal untuk melangsingkan badan, karena dapat menurunkan hormon insulin yang berfungsi mengatur gula darah dan metabolisme lemak. Mengkonsumsi setengah buah grapefruit setiap akan makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Lemak salah satu unsur yang diperlukan oleh tubuh, sehingga tidak boleh dihilangkan sama sekali. Malahan, pada beberapa makanan yang mengandung lemak, seperti minyak zaitun, alpukat dan kacang, terdapat kandungan asam oleat. Senjata rahasia dari asam oleat adalah mampu berubah menjadi senyawa yang secara tidak langsung akan memberi sinyal penahan lapar ke otak.

Lemak yang dianjurkan disini adalah lemak tak jenuh dan tidak boleh dalam porsi yang berlebihan. Porsi yang tepat adalah 20% dari total asupan kalori harian

Baca Juga: Bukan Cuma Kopi Susu, Ini 4 Makanan yang Haram Diberikan Pada Bayi 


Kunyah Permen Karet
Permen karet tidak selalu identik dengan penyebab gigi rusak atau hal buruk lainnya. Bahkan permen karet bisa membersihkan gigi.

Memilih permen karet rendah gula ternyata dapat menjadi teman saat berdiet. Mengapa?

Karena dengan mengunyah permen karet akan menstimulasi saraf di rahang yang berhubungan dengan bagian otak yang bertanggung jawab untuk memberi sinyal rasa kenyang pada tubuh. Selain dapat memberi rasa kenyang, aktivitas mengunyah permen karet juga mampu membakar 11 kalori per jam.


Hirup Aroma Makanan
Menghirup dalam-dalam aroma makanan akan membuat otak berpikir bahwa Anda sudah mengkonsumsi makanan tersebut, hasilnya tubuh akan merasa kenyang. Dalam sebuah penelitian, Aroma peppermint yang terdapat pada pisang, apel hijau dan vanila dapat membantu tubuh mengurangi konsumsi 2700 kalori per minggu yang berarti berkurang 0,5 kg bobot tubuh.

Cara lain untuk mengelabui otak ini adalah dengan menyalakan lilin aroma vanila di ruang makan. Jika Anda termasuk tipe orang yang suka makan jika sedang stress, solusinya adalah dengan menutup lubang hidung sebelah kiri dan hiruplah aroma makanan dari lubang hidung sebelah kanan agar dapat mengaktifkan otak yang memproses emosi.


Jangan Lupakan Olahraga
Olahraga secara rutin tidak hanya efektif untuk membakar kalori, tetapi ternyata juga mampu membantu Anda mengurangi konsumsi kalori. Misalnya, olahraga kardio selama 60 menit dalam intensitas tinggi mampu mengurangi selera makan hingga 2 jam setelahnya. Olahraga aerobik tidak kalah efektifnya, karena aktivitas aerobik ini mampu menurunkan kadar hormon ghrelin yang memicu rasa lapar, dan sebaliknya akan meningkatkan produksi hormon yang menekan rasa lapar.

Diet yang baik tidak akan menyiksa tubuh. Simak juga tips berikut supaya cara menjadi langsing tidak membuat tersiksa:

Menjadi cara langsing tanpa perlu kelaparan dan bahkan bisa tetap kenyang, ternyata bisa dilakukan.

Dengan mendisiplin diri, 7 jurus atau tips langsing ini bisa berhasil membuat tubuh lebih ideal dan tentu saja tetap sehat.. ***

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...