Semakin Tegang, Jerman Sebar Sistem Pertahanan Rudal Udara Patriot ke Polandia

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:30 WIB
Rudal Patriot (net) Rudal Patriot (net)

RIAU24.COM - Jerman mengirimkan sebanyak dua unit pertama dari tiga unit sistem pertahanan udara Patriot yang akan dikirim ke kota Zamosc, Polandia dekat perbatasan Ukraina . Unit tersebut akan dikerahkan untuk mencegah serangan rudal nyasar. 

Baca Juga: Sosok Alqam dan Aksi Balasannya yang Mematikan Terhadap Pemukim Israel di Tepi Barat
 

Dua orang tewas oleh rudal Ukraina yang tersesat yang menghantam desa Przewodow, Polandia di wilayah itu November lalu, dalam sebuah insiden yang menimbulkan kekhawatiran perang di Ukraina akan meluas ke perbatasan. 

Akibatnya, Berlin menawarkan untuk mengerahkan tiga unit Patriotnya ke Polandia untuk membantu mengamankan ruang udara Polandia. Sistem pertahanan udara berbasis darat seperti Patriot Raytheon dibangun untuk mencegat rudal yang masuk. 

“Salah satu alasan mengapa Jerman sekarang akan mendukung sayap timur NATO di Polandia dengan Patriot tentu karena kami melihat seberapa cepat konflik antara Rusia dan Ukraina dapat meluas ke negara-negara anggota NATO,” kata Kolonel Joerg Sievers kepada wartawan di kota timur Jerman, Gnoien, seperti dikutip Sindonews dari Reuters. 

Baca Juga: Rishi Sunak Pecat Ketua Partai Konservatif Atas Kasus Pajak  

Sievers, yang akan memimpin unit Jerman di Polandia, menggarisbawahi sifat pertahanan dari sistem Patriot. "Kami bukan satu-satunya pasukan pertahanan di lapangan, Inggris dan Amerika juga ada di lapangan," katanya. 

"Patriot adalah sistem pertahanan yang ketat, dan kami berharap dapat memberikan perlindungan yang memadai di sana untuk mencegah serangan atau kecelakaan seperti yang terjadi pada November mendatang," tambahnya. 

PenulisR24/riko


Loading...

Terpopuler

Loading...