Meski Dibujuk Kawan Dekatnya, Amien Rais Diyakini tak Mungkin Balik Gabung PAN Lagi, Ini Sebabnya

Senin, 24 Agustus 2020 | 12:22 WIB
Amien Rais Amien Rais

RIAU24.COM -  Amien Rais diyakini tidak akan bakal kembali bergabung lagi dengan Partai Amanat Nasional (PAN), yang tak lain adalah partai yang telah didirikannya. Hal itu disebabkan Amien Rais Amien Rais telah disia-siakan anak buahnya sendiri di PAN.

Penilaian itu dilontarkan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin. Menurutnya, meski saat ini terus ada upaya dari PAN untuk menggaet kembali Amien Rais agar kembali bergabung, namun Ujang menilai langkah itu tidak akan merubah sikap Amien Rais. Meski pun Soetrisno Bachir yang bisa dikatakan rekan dekatnya di PAN, juga turut membujuknya. 

"AR tak mau kembali ke PAN. Karena AR sudah dibredel oleh anak buahnya sendiri di PAN," lontarnya, dilansir sindonews, Senin 24 Agustus 2020.

Baca Juga: Bukan Karena Prestasi, Ini Faktor yang Membuat Elektabilitas Prabowo Masih Tinggi

Namun demikian, Ujang menambahkan, Amien Rais (AR) kembali ke PAN bila memenuhi dua hal ini, Pertama, PAN harus menempatkan Amien Rais pada posisi yang layak. Kedua, PAN bersedia mengikuti prinsip Amien Rais, yakni ada di luar pemerintahan. 

"Bagaimana pun AR itu pendiri PAN. Menjadi ikon PAN. Tapi didepak dan dibuang oleh anak buah-anak buahnya di PAN," ulangnya lagi. 

Ujang juga menilai, sosok Amien Rais tetap menjadi sosok penting, karena keberadaannya masih dirindukan. "Namun persoalannya, ketika AR ada di PAN disia-siakan. Namun ketika sudah didepak, malah ditangisi. Harusnya ketika masih ada di PAN harus dihormati dan dijaga. Bukan dibuang," tambahnya. 

Bagaimana pun, hengkang Amien Rais dari PAN akan sangat merugikan partai tersebut. Sebab, bila nantinya Amien Rais bakal mendirikan partai baru, bisa dikatakan pada pendukungnya di PAN bakal beralih dukungan. Tak hanya itu, hal itu juga bisa berdampak terhadap basis massa PAN. Karena bukan mustahil, partai yang akan didirikan Amien nanti bakal menyedot suara yang berasal dari basis massa PAN. 

Baca Juga: Amin Rais Disandingkan Dengan Gus Dur, Begini Kata Yenny Wahid

Minta Gabung Kembali 
Sebelumnya, harapan supaya Amien Rais kembali bergabung, dilontarkan Ketua Dewan Kehormatan (Wanhor) PAN Soetrisno Bachir (SB).Hal itu disampaikannya saat perayaan ulang tahun ke-22 PAN di Kantor DPP PAN di kawasan Kalibata, Jakarta, Minggu (23/8/2020).

Bahkan, SB hampir menitikkan air mata dan hening sejenak saat dirinya hendak menyampaikan terima kasihnya kepada pendiri sekaligus mantan Ketua Umum (Ketum) PAN M Amien Rais.

"Saya yakin kami semua mengucapkan terima kasih kepada pendiri PAN, Bapak Profesor Doktor Amien Rais. Mudah-mudahan Beliau selalu sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT," ujarnya ketika itu. 

Mantan Ketum PAN ini juga berharap agar Amien bisa mendengarkan acara hari ini melalui YouTube. Mantan Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) ini berharap bahwa Amien bisa mengikhlaskan pergantian kepemimpinan PAN yang dipimpin oleh Zulkifli Hasan untuk periode kedua dan berharap Amien Rais bisa terus bersama-sama dengan PAN.

"Kami mengharapkan Profesor Doktor Amien Rais selalu bersama-sama kita untuk membawa PAN lebih besar dari sekarang," harapnya. ***

PenulisR24/wan


Loading...
Loading...