Tak Banyak Yang Tahu, Ini 5 Tanda Kalau Tubuh Sudah Mulai Kecanduan Kopi

Rabu, 14 Oktober 2020 | 10:20 WIB
Ilustrasi/int Ilustrasi/int

RIAU24.COM - Berbicara tentang kopi, rasanya memang enak dan bisa menenangkan jiwa kata si pecandu minuman ini. Namun sayangnya, ketika kita mengonsumsinya terlalu sering, bisa berakibat fatal bagi tubuh. 

Baca Juga: Terungkap, Inilah Waktu yang Tepat yang Bagi Anda Untuk Pergi Tidur Agar Tidak Merasa Lelah

Akan ada banyak penyakit bermunculan karena kafein yang dikandungnya. Nah, untuk itu,  sebaiknya perlu tahu tanda-tanda tubuh jika sudah terlalu banyak minum kopi. Mengutip dari Boombastis ini 5 tanda kalau tubuh kita sudah mulai kecanduan Kopi

Sakit kepala yang tak bisa dihindarkan

Ciri-ciri yang bisa ditemukan kalau terlalu banyak konsumsi kopi yakni sakit kepala. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, kopi dapat memicu sakit kepala jika konsumsinya sudah mencapai 500 mg kafein atau setara dengan 5 cangkir. Namun, ini tak hanya muncul karena kopi saja ada minuman lain yang bisa jadi penyebabnya. Misalnya seperti teh, soda atau minuman berenergi.

Warna dari urine menjadi kuning gelap atau oranye

Seperti yang kita tahu, kalau urine berwarna kuning gelap atau oranye merupakan tanda dari kekurangan cairan alias dehidrasi. Begitu juga jika terlalu banyak minum kopi nih Sahabat Boombastis. Menurut Amy Gross selaku pakar diet klinis di New York, ini dikarenakan kopi bersifat deuretik yang bisa mengakibatkan dehidrasi. Tapi, ini berlaku jika kita kekurangan cairan sebanyak 500 mg saja lho. Kalau kurang dari itu, urine tidak akan berwarna kuning gelap atau oranye kok.

Super duper mengantuk jika tidak minum kopi

Sering kali orang-orang mengandalkan kopi sebagai penahan kantuk. Apalagi yang sedang bekerja shift malam, kopi menjadi teman terbaiknya untuk menunggu pagi. Nah, biasanya orang-orang yang sudah konsumsi kopi setiap hari semacam ini, akan merasa lebih cepat mengantuk kalau tidak meminumnya dalam beberapa waktu. Hal ini juga dibenarkan oleh penulis buku The Healthy Guide to Unhealthy Living bernama David J Clayton, MD. Jika minuman kopi ternyata mampu mempengaruhi energi. Sehingga, kalau kita tidak mengonsumsi kopi sebentar saja dan kemudian mengantuk, maka itu berarti energi sedang dalam masa penurunan. Bisa dibilang, kalian sudah terlalu banyak mengonsumsi kopi tuh.

Diare yang terjadi secara terus menerus

Kopi ternyata mampu memicu munculnya diare lho Sahabat Boombastis. Alasannya karena kopi memiliki efek laksatif yang membuat perut terasa bergejolak menurut The International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders. Apalagi jika konsumsi minuman berkafein tersebut mencapai dua kali dalam sehari, risiko munculnya diare akan semakin besar nih. Oleh karena itu, hindari konsumsi kopi terlalu sering ya.

Baca Juga: Inilah 5 Minuman yang Bisa Mengasah Pikiran

Rasa cemas selalu datang tanpa ada penyebabnya

Sering merasa cemas padahal tidak ada masalah apapun? Bisa jadi itu adalah tanda kalau kalian sudah terlalu banyak konsumsi kopi. Berdasarkan The National Institute of Mental Health di Amerika Serikat, jika minuman berkafein satu ini dapat memperparah kecemasan sehingga mengakibatkan tidak bisa tidur. Sehingga kalau kalian sudah merasakan hal ini, alangkah lebih baiknya untuk mengurangi kopi ya.

 

PenulisR24/riko



Loading...
Loading...