Tak Cuma Cantik, Tapi Ternyata Ini Manfaat Lain dari Lidah Mertua

Minggu, 01 November 2020 | 02:37 WIB
Tak Cuma Cantik, Tapi Ternyata Ini Manfaat Lain dari Lidah Mertua Tak Cuma Cantik, Tapi Ternyata Ini Manfaat Lain dari Lidah Mertua

RIAU24.COM -  Belakangan ini banyak diantara kita yang cukup menggemari tanaman hias hijau seperti daun pisang, skybird, monstera, ara daun rebab dan lidah mertua sehingga disebut sebagai tanaman yang sedang viral! Banyak orang menyukai tanaman viral ini karena tidak hanya cantik sebagai penghias di dalam rumah tetapi juga mudah dalam perawatannya.

Kalau kamu inget di masa lalu, tanaman ini sama dengan yang menghiasi pekarangan rumah-rumah di kampung-kampung, apalagi jika tidak percaya coba tanyakan pada ibu atau nenek ketika kembali ke kampung nanti. Sebagai pilihan lain, ada juga pedagang yang menghadirkan berbagai jenis tanaman dengan harga berbeda bagi mereka yang tidak ingin mempertahankan tanaman hidup di dalam rumah.

Baca Juga: Abaikan Peringatan Pengawas, 1 Orang ASN di Pelalawan Divonis 4 Bulan Penjara

Tapi di banyak tanaman viral ini, tanaman lidah mertua adalah salah satu yang paling disukai, bukan hanya wanita tapi juga pria!

Ternyata di dalamnya mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan manusia. Perawatannya tidak hanya mudah tetapi ada berbagai manfaatnya. Seperti yang dibagikan oleh para dokter, Dr. Ahmad Samhan di Facebook-nya, tanaman itu bisa membangkitkan mood positif dan menghilangkan stres.

Studi juga menunjukkan bahwa Dr. Ahmad Samhan, 1.000 tanaman lidah mertua ampuh sebagai penyaring udara. Bagi yang belum tahu, tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika dan begitu terkenal dengan kandungan gizinya sehingga ada yang menjadikannya sebagai obat dan kecantikan.

Apa keunggulan lain dari tanaman viral ini selain mempercantik dekorasi rumah?

1. Mudah dirawat

Tanaman Lidah Mertua merupakan salah satu tumbuhan hijau yang sangat mudah perawatannya dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Jika tidak ada matahari atau juga suplai air, pohon ini bisa bertahan. Tapi yang terbaik dari semuanya, sirami dan biarkan terkena sinar matahari!

Baca Juga: Ditangkap KPK, Edhy Prabowo Mundur Dari Waketum Gerindra, Fadli Zon: Semoga Harun Masiku Juga Ditemukan

2. Menyerap polusi udara

Tanaman ini mampu menyerap polusi dan termasuk yang terbaik sehingga sangat cocok sebagai pohon hijau untuk indoor. Dan cukup efektif dalam menghirup gas berbahaya seperti toluene, benzene, formaldehyde yang disebut-sebut menjadi penyebab kanker pada manusia.

Kalaupun gas berbahaya bisa dihilangkan, apalagi asap rokok atau bau kepam di dalam rumah! Tanaman Lidah Mertua tumbuh banyak di halaman belakang dan cocok sebagai ornamen di rumah anda.

3. Kaya oksigen

Tanaman Lidah Mertua atau nama ilmiahnya, Sansiviera merupakan tumbuhan yang mampu menghasilkan oksigen dengan baik. Klorofil yang dihasilkan akan membantu mempercepat proses fotosintesis. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan produksi oksigen di rumah Anda.

4. Memiliki bau yang khas

Jika diperhatikan lidah mertua memiliki bau yang khas dan maka tidak heran negara-negara seperti China dan Perancis menggunakan tanaman ini sebagai pengharum. Oleh karena itu, lidah mertua cocok ditempatkan di dalam rumah seperti kamar mandi atau dapur agar baunya tidak sedap.

5. Terapi

Pada malam hari, biasanya tanaman lidah mertua akan mekar dan mengeluarkan bau harum yang istimewa. Sangat cocok sebagai terapi setelah seharian bekerja dalam mengurangi stres.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...