Mau Hilangkan Kulit Wajah yang Berminyak, ini 5 Cara Jitu Untuk Mengatasinya

Kamis, 19 November 2020 | 10:51 WIB
Ilustrasi/net Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Kulit berminyak disebabkan karena produksi sebum dari kelenjar sebaceous yang terletak di bawah permukaan kulit yang berlebih.

Seperti dilansir dari Okezone.com, Kamis 19 November 2020, terlalu banyak sebum juga dapat menyebabkan kulit berminyak dan menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbulnya jerawat.

Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak. Tapi, tidak semuanya buruk karena sebum membantu melindungi dan melembabkan kulit Anda.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba di rumah untuk menghilangkan kulit berminyak pada wajah.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Sesak Napas Ketika Naik Tangga Bisa Jadi Ciri dari Hipertensi Paru

1. Mencuci wajah

Jika kulit berminyak, sebaiknya bersihkan wajah maksimal dua kali dalam sehari. Gunakan sabun yang mengandung gliserin, yang membuat kulit meyerap air dari udara. Sehingga mengurangi kekeringan dan bercak kusam pada kulit.

2. Pakai kertas minyak

Kertas tipis dan kecil ini dapat membantu menyerap dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Kertas ini juga bisa digunakan sesuai kebutuhan. Aplikasikan dengan cara menekan perlahan di area wajah yang berminyak.

3. Madu

Dikarenakan kemampuan antibakteri dan antiseptik yang ada dalam madu, dipercaya dapat bermanfaat bagi kulit berminyak dan rentan berjerawat. Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kelembapan kulit tetapi tidak berminyak.

Oleskan madu dengan tipis (sebaiknya yang mentah) ke wajah Anda. Biarkan mengering selama sekitar 10 menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

Baca Juga: Berikut Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

4. Clay mask

Kemudian Clay mask (masker tanah liat). Masker ini digunakan untuk membantu menyerap minyak kulit dan merawat banyak kondisi kulit.

Cara menggunakannya adalah oleskan masker ke wajah Anda dan biarkan sampai mengering. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan keringkan. Masker tanah liat yang dihilangkan dengan air jauh lebih lembut pada kulit Anda daripada masker peel-off.

5. Oatmeal

Oatmeal mampu membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu mengelupas kulit mati.

Oleskan campuran oatmeal ke wajah Anda dan biarkan selama 10–15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat dan keringkan.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...