Analis Sebut Sosok ini Bisa Redakan Ketegangan Antara Pemerintah dengan Rizieq Shihab

Kamis, 19 November 2020 | 11:55 WIB
Analis politik UIN Jakarta, Adi Prayitno Analis politik UIN Jakarta, Adi Prayitno

RIAU24.COM - Analis politik UIN Jakarta, Adi Prayitno mengatakan jika peran Wakil Presiden Ma'ruf Amin cukup strategis untuk menjembatani kelompok Habib Rizieq Shihab (HRS) dengan pemerintah.

Hal itu dikarenakan, selain mewakili pemerintah, latar belakang Ma'ruf Amin sebagai tokoh Islam juga menjadi hal pendukung terwujudnya wacana rekonsiliasi nasional.

Baca Juga: KPU: Pemilih Terpapar COVID-19 Tetap Bisa Nyoblos, Disiapkan Bilik Khusus

"Wapres (Ma'ruf Amin) sosok yang pas menjembatani berbagai silang pandangan yang terjadi belakangan antara Rizieq terhadap negara," ujar Adi dikutip dari Sindonews.com, Kamis, 19 November 2020.

Dia menilai jika Wapres Ma'ruf Amin saat ini memiliki peran yang strategis untuk menyatukan komponen bangsa. Terlebih, jika dilihat ke belakang, Ma'ruf juga sempat mesra dengan kelompok HRS pada saat kelompok Islam 212 mengawal fatwa MUI terhadap kasus penodaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta kala itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Baca Juga: AHY Jumpai Ganjar Pranowo di Semarang, Netizen: Duet Hebat Kalau Jadi Capres

Untuk itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu menyarankan agar Ma'ruf kembali 'bergandengan tangan dengan kelompok tersebut.

"Untuk meredakan ketegangan peran Wapres sangat signifikan karena sosoknya yang merepresentasikan tokoh Islam bersahaja," tutupnya.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...