8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi di Tengah Pandemi

Kamis, 26 November 2020 | 14:30 WIB
8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi di Tengah Pandemi 8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi di Tengah Pandemi

RIAU24.COM - Lonjakan kasus COVID di seluruh negeri telah mengubah hidup kita. Setiap kali kita melangkah keluar rumah, sulit untuk tidak khawatir tertular. Kita semua berusaha sebaik mungkin untuk menghindari tempat dan aktivitas umum yang kemungkinan besar terinfeksi COVID termasuk mengakses layanan perawatan kesehatan dasar seperti klinik gigi. Bisa jadi, klinik tutup atau orang terlalu takut untuk berkunjung karena dianggap sebagai zona berisiko tinggi.

Sudah sepuluh bulan pandemi dan kebanyakan orang belum dapat melakukan pemeriksaan rutin, yang mengakibatkan kasus gigi tinggi seperti gusi berdarah, sakit gigi, dan bau mulut. Masih ada ketidakpastian kapan semuanya akan kembali normal, sehingga satu-satunya pilihan yang Anda miliki adalah menjaga kesehatan gigi Anda di rumah. Di sini kami telah membuat daftar beberapa cara mudah dan pengobatan rumahan untuk menjaga kesehatan gigi selama pandemi.

Sikat gigi Anda dengan baik
Untuk menghindari pembentukan plak dan pendarahan, penting untuk menyikat gigi dengan benar dua kali dalam sehari. Menyikat gigi dengan tergesa-gesa dapat menyebabkan resesi gusi (jaringan gusi di sekitar gigi hilang) dan bau mulut. Untuk menghindari masalah dasar ini, penting untuk mempelajari teknik menyikat gigi yang benar. Gerakkan sikat gigi dengan lembut dalam gerakan melingkar untuk menghilangkan plak dan sikat gigi setidaknya selama 2 menit.


Jangan lupa pembersih lidah
Membersihkan lidah sama pentingnya dengan menyikat gigi. Mengabaikan langkah penting ini dapat menyebabkan penumpukan plak di lidah Anda, mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap dan masalah kesehatan lainnya. Sikat lidah Anda dengan lembut dengan sikat gigi atau gunakan pengikis lidah untuk menghilangkan plak.

Baca Juga: Dipercaya Dapat Mengintrol Diabetes, Ini Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Jangan melewatkan obat kumur
Berkumur dengan obat kumur setelah menyikat membantu memutihkan gigi dan menghilangkan bakteri dari mulut. Ini menghilangkan karang gigi yang tertinggal, plak dan mencegah radang gusi, yang merupakan penyakit gusi tahap awal. Anda dapat menggunakan obat kumur atau mencoba oil pulling dengan minyak kelapa. Keduanya merupakan cara efektif untuk mengekang pertumbuhan bakteri di mulut.

Minum air
Minum air dalam jumlah yang cukup dalam sehari penting untuk tubuh Anda termasuk kesehatan gigi Anda. Asupan cairan yang cukup membilas mulut Anda dan membantu menghilangkan bakteri berbahaya. Dapat mengurangi risiko kerusakan gigi dan meningkatkan produksi air liur.

Tingkatkan asupan vitamin C untuk kesehatan gusi
Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan gusi dan gigi Anda. Makan buah-buahan segar yang mengandung vitamin C seperti tomat, gooseberry India dan jeruk dapat membantu menjaga kesehatan gigi selama ini.

Baca Juga: Waspada! Virus Covid-19 Timbulkan Gejala pada Jantung, Berikut ini Tanda-tandanya

Minum cengkeh untuk sakit gigi
Jika Anda mengalami sakit gigi maka gunakan cengkeh untuk meredakannya. Ambil 2-3 siung dan taruh langsung di gigi penyebab sakit. Sifat antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, dan anestesi pada cengkeh akan langsung menyembuhkan sakit gigi Anda. Anda juga bisa mengoleskan minyak cengkih pada gusi dan gigi Anda.

Kantong teh peppermint untuk gigi sensitif
Untuk menenangkan gusi sensitif Anda, teh peppermint adalah pengobatan rumahan yang efektif. Masukkan kantong teh ke dalam air panas selama 5 menit lalu biarkan dingin. Oleskan ke area yang terkena saat sedikit hangat. Anda juga bisa meletakkan kantong teh dan freezer dan melakukan hal yang sama. Ini juga efektif saat Anda mengalami pendarahan pada gusi.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...