MK Bakal Keluarkan Putusan, Begini Respon PKB

Rabu, 20 Januari 2021 | 14:33 WIB
Danil M Nursalam Danil M Nursalam

RIAU24.COM - Ketua harian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Riau, Dani Nursalam, menyebut pihaknya siap menerima apa pun putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Baca Juga: Said Didu Tanggapi Soal Mabuk Agama, Siapa yang Disebut Kaum Munafik oleh Ferdinand Hutahean?

Namun, Dani menyakini hakim MK bakal cermat melihat setiap perkembangan kasus pilkada di Riau. Pun begitu ia meyakini, tim kuasa hukum yang  ditunjuk, telah menghimpun setiap perkembangan kasus hukum terkait pilkada di Riau. 

"Tentu berbagai peristiwa yang mewarnai dinamika pemilu telah dihimpun oleh kuasa hukum. Dan berbagai pelanggaran administrasi, tentu juga sudah di inventarisir, untuk disampaikan di forum MK,"ujarnya. Rabu 20 Januari 2021. 

Adapun PKB saat ini tengah menaruh harap pada putusan MK, khususnya untuk gelaran pilkada Indragiri Hulu dan pilkada Rokan Hulu. 

Lanjut Dani, pada gelaran pilkada Indragiri Hulu pihaknya merasa diperlakukan tidak adil dengan hasil pemungutan suara setempat. Diketahui, KPU Kabupaten Indragiri Hulu memenangkan duet Rezita-Junaidi, mengalahkan pasangan yang diusung PKB, Rizal Zanzami - Yogi Susilo. 

Duet yang diusung PKB bersama PKS tersebut kalah dengan selisih yang hanya 300 suara. Belakangan, kepolisian Indragiri Hulu menyeret sejumlah kepala desa dan aparatur sipil negeri setempat ke ranah hukum, dengan kasus pidana pemilu. 

Kasus itu lah yang menurut Dani dapat menjadi bahan penguat bagi PKB di forum MK. 

"Apakah nanti hasil putusanya di diskualifikasi atau hanya pemungutan suara ulang, PKB siap menerima putusan itu," tutupnya. 

Baca Juga: Kisruh Berlanjut, Tempat Ini Disebut-sebut Jadi Tempat KLB untuk Mengkudeta AHY dari Ketum Demokrat

Sebagai informasi, MK dijadwalkan mulai me-register permohonan sengketa Pilkada seluruh Indonesia yang memenuhi syarat pada Senin (18/1). Merujuk daftar pemohon Perselisihan hasil Pilkada (PHP) di laman resmi MK, terdapat 126 paslon pemohon PHP dari masing-masing daerah. 

Sebelumnya KPU Riau mengungkapkan ada 5 permohonan gugatan pemilu dari Riau, meliputi: gugatan pilkada Indragiri Hulu, pilkada Rokan Hulu, pilkada Kuansing, pilkada Rokan Hilir, dan pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti. 

PenulisR24/riko



Loading...
Loading...