Ajaib, Biji Chia dan Minyak Zaitun Ternyata Sangat Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes

Kamis, 28 Januari 2021 | 15:47 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  Penderita diabetes sebaiknya tidak makan sembarangan karena khawatir penyakit yang dideritanya akan semakin parah. Mencari makanan terbaik itu sulit karena pasien perlu memperhitungkan apakah akan menyebabkan peningkatan gula darah atau tidak. Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes;

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, tuna dan sebagainya merupakan sumber omega-3 yang memiliki berbagai manfaat bagi penderita diabetes terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan DHA dan EPA pada omega-3 dapat melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mengurangi risiko peradangan serta meningkatkan fungsinya.

Studi telah menunjukkan bahwa individu yang makan ikan berlemak secara teratur dalam makanan mereka memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, bahkan membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darahnya.

Baca Juga: Apa Yang Dapat Terjadi Pada Tubuh, Jika Anda Menambahkan Sirup Maple Saat Sarapan Setiap Pagi

2. Alpukat

Alpukat memiliki kurang dari satu gram gula, rendah karbohidrat, tinggi serat dan lemak sehat. Hal tersebut menjadikan alpukat sebagai camilan yang ideal untuk penderita diabetes termasuk bisa menurunkan berat badan.

3. Biji chia

Biji chia adalah makanan yang bagus untuk penderita diabetes. Pasalnya, ia memiliki serat yang tinggi namun rendah karbohidrat sehingga mudah dicerna. Serat pada biji chia bisa menurunkan kadar gula darah dan menjenuhkan. Tak hanya itu, ia juga membantu menjaga tekanan darah.

4. Brokoli

Studi penderita diabetes telah menemukan bahwa makan brokoli dapat membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi dari kerusakan sel. Brokoli juga bisa membantu mengatur kadar gula darah. Satu studi menemukan bahwa makan brokoli dapat menyebabkan penurunan 10 persen glukosa darah pada penderita diabetes.

Penurunan kadar glukosa darah ini mungkin disebabkan oleh sulforaphane, bahan kimia dalam sayuran seperti brokoli. Selain itu, brokoli merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Antioksidan penting ini dapat membantu mencegah penyakit mata.

Baca Juga: 8 Hal Tidak Menyenangkan yang Mungkin Bisa Anda Cegah Jika Mulai Makan Paprika Setiap Hari

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Minyak ini mengandung asam oleat, satu lemak tak jenuh dan memiliki sifat antioksidan. Asam oleat juga dapat merangsang hormon anti lapar GLP-1. Dalam analisis besar dari 32 penelitian yang mengamati berbagai jenis lemak, minyak zaitun adalah satu-satunya yang terbukti mengurangi risiko penyakit jantung.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...