Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Masih Mengantuk Meskipun Telah Minum Kopi

Minggu, 07 Maret 2021 | 05:48 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  PASTI sebagian dari kita minum kopi di pagi hari untuk membantu menyegarkan diri sekaligus memberikan suntikan tenaga sebelum beraktivitas sehari-hari, bukan? Namun, ada juga yang masih merasa lesu dan mengantuk meski sudah minum kopi bergelas-gelas.

Mengapa itu bisa terjadi? Dilansir dari The Insider, ada tiga alasan kopi tidak memengaruhi seseorang.

Baca Juga: Biadabnya KKB di Papua, Tanpa Alasan Jelas, Tukang Ojek Dihantam 2 Peluru Hingga Tewas Terkapar

1. Faktor genetik

Biasanya setelah 45 menit, kafein akan mulai meresap ke dalam tubuh yang selanjutnya molekul kafein akan bekerja dengan otak. Tetapi bagi sebagian orang, molekul kafein mengikat reseptor dengan adenosin, neurotransmitter yang mendorong tubuh untuk tidur.

Tindakan ini mencegah adenosin mencapai reseptor yang membuat Anda mengantuk. Genetika berperan dalam sensitivitas kafein karena menentukan keefektifan reseptor adenosin yang mampu mengikat molekul kafein.

Ini termasuk periode waktu seseorang merasakan efek kafein yang juga bergantung pada genetika seseorang. Faktanya, dalam sebuah studi tahun 2011 ditemukan hampir 10 persen orang memiliki genetika yang membuat mereka hiposensitif terhadap kafein. Kondisi ini membuat tubuh mereka tidak merasakan efek kafein meski meminumnya dalam jumlah banyak.

2. Toleransi terhadap kopi

Pasti ada yang tetap ngantuk bahkan setelah minum segelas kopi kan? Ini mungkin karena tubuh seseorang telah mentolerir kopi. Ketika seseorang terus menerus meminum kopi dalam jumlah banyak, tubuh akan menjadi kurang sensitif terhadap efeknya.

Maka dari itu usahakan untuk merubah kebiasaan mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedang dan bahkan kita disarankan meminum 400 ml kopi sehari yang setara dengan empat cangkir.

Baca Juga: Dua Orang Mengaku Membunuh Seorang Pria, Setelah Polisi Memberi Tahu Mereka Jika Kejahatannya Terekam di Kamera NASA

3. Terlalu lelah, depresi

Jika seseorang masih merasa mengantuk dan lesu setelah minum kopi, itu mungkin karena Anda memang dalam keadaan sangat lelah dan tertekan. Saat seseorang dalam keadaan kelelahan yang ekstrim, kafein mungkin tidak cukup untuk membuat seseorang tetap terjaga karena tubuh perlu istirahat.

Idealnya, berhentilah memaksakan diri dengan minum kopi alih-alih mencoba mendapatkan istirahat yang Anda butuhkan.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...