Sakit Punggung Karena Duduk Terlalu Lama, Berikut 5 Cara Untuk Mengatasinya

Minggu, 07 Maret 2021 | 15:10 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  KELUHAN yang paling umum sejak terjadinya pandemi adalah banyaknya keluhan sakit punggung yang mungkin disebabkan karena terlalu lama duduk di rumah menghadap komputer. Nyeri dan mati rasa pada punggung memang bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan biasanya minyak pijat digunakan untuk meredakan nyeri.

Namun sakit punggung ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana tanpa menggunakan obat atau minyak angin seperti dilansir dari Mstar :

Baca Juga: Wanita Berambut Pirang Kemerahan Toleransi Rasa Sakit Lebih Baik



1. Latihan pernapasan

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa senam nafas merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi masalah sakit punggung ini. Dengan menarik napas dalam-dalam dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus mengurangi peradangan pada persendian yang menyebabkan nyeri punggung.

2. Amati postur duduk dan saat bergerak

Bagi penderita sakit punggung, hindari gerakan mendadak pada leher atau tulang belakang. Perubahan mendadak ini akan menimbulkan masalah serius sehingga punggung Anda terasa sangat perih. Duduk dengan benar dan jika Anda merasa telah duduk terlalu lama, bangun dan lakukan peregangan.

3. Pilih alas tidur yang cocok

Meski kasur tidak bisa menyembuhkan sakit punggung dengan jelas tapi bisa membantu menjaga postur tubuh yang baik saat istirahat. Sebaiknya jangan tidur di kasur yang terlalu keras di atas kasur tipis untuk mencegah tubuh Anda merasa lesu atau sakit.

Waktu istirahat juga berperan penting dalam mengatasi masalah sakit punggung ini.

Baca Juga: Hasil Studi Menunjukkan Pasien yang Sembuh Dari Covid-19, Memiliki Risiko Pembekuan Darah

4. Angkat barang dengan benar

Akibat kebiasaan duduk di rumah, banyak aktivitas yang Anda lakukan menyebabkan sakit punggung tanpa disadari. Berhati-hatilah saat mengangkat barang terutama dalam jumlah besar dan berat karena ini adalah salah satu penyebab otot punggung tidak bisa menimbang dengan baik.

5. Fisioterapi

Terakhir, jika masalah sakit punggung Anda parah, pastikan Anda menjalani perawatan fisioterapi. Fisioterapi ini dapat membantu meningkatkan kelenturan, memperkuat otot-otot punggung dan perut serta memperbaiki postur tubuh.

Selain meredakan nyeri, jika melakukan fisioterapi secara rutin dapat mencegah nyeri punggung kembali.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...