12 Cara Efektif untuk Mengamankan Rumah Anda Dari Pencuri

Sabtu, 08 Mei 2021 | 11:51 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM - Di Amerika Serikat, sekitar 2,5 juta perampokan terjadi setiap tahun, dengan lebih dari 65% di antaranya adalah perampokan di rumah.

Sebuah survei menunjukkan bahwa 46,9% peserta tidak memiliki sistem keamanan yang terpasang. Selain itu, 17,2% orang yang ditanya mengatakan bahwa mereka tidak mengunci pintu depan saat berada di dalam rumah. Dan meskipun yang terakhir tidak terdengar terlalu buruk, ini bisa sangat berbahaya karena 34% pencuri memilih pintu depan sebagai titik masuk.

Dilansir dari Bright Side, berikut 12 kebiasaan mudah yang dapat menyelamatkan rumah Anda dari penyusup yang tidak diinginkan.

1. Jangan memposting tentang keberadaan Anda di media sosial.
Kita semua berbagi kehidupan di media sosial, tetapi memposting tentang lokasi Anda bisa sangat berbahaya. Pencuri yang melihat Anda di radar mereka mungkin sedang memantau postingan Anda. Itulah mengapa Anda harus menahan diri untuk tidak mengungkapkan lokasi saat memposting gambar atau memberi tahu orang lain tentang perjalanan yang akan datang. Selain itu, jangan bagikan rutinitas harian Anda secara online karena pencuri akan mengetahui dengan jelas kapan harus masuk.

2. Biarkan radio Anda menyala saat Anda jauh dari rumah.
Kebanyakan pencuri akan mengetuk pintu atau membunyikan bel pintu sebelum mereka memutuskan untuk masuk ke sebuah rumah. Jika mereka sama sekali tidak mendengar suara, mereka akan memutuskan untuk masuk. Namun, jika mereka mendengar TV atau musik dari dalam rumah, mereka mungkin akan pergi, mengira ada seseorang di rumah. Itulah mengapa menyalakan radio saat Anda pergi mungkin merupakan ide yang bagus.

Jika Anda sedang pergi berlibur, Anda dapat membeli steker smart dan menyalakan dan mematikan radio dari jarak jauh. Pagi dan sore hari adalah waktu paling populer yang dipilih pencuri untuk melakukan pembobolan.

3. Parkir mobil Anda di jalan masuk Anda.
Jika Anda berencana untuk pergi selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, jalan masuk Anda yang kosong bisa menjadi undangan terbuka bagi pencuri. Anda harus mempertimbangkan meminta tetangga Anda untuk memarkir mobil mereka di jalan masuk Anda jika memungkinkan. Anda juga dapat meminta anggota keluarga untuk mampir ke rumah Anda setiap dua hari sekali dan memeriksa properti Anda.

Baca Juga: Polresta Pekanbaru Sita Puluhan Butir Ekstasi Berkandungan Zat yang 'Langka' Beredar

4. Sobek kertas rahasia yang tidak Anda butuhkan lagi.
Pencurian identitas mungkin terdengar seperti sesuatu yang hanya terjadi di film, tetapi hal itu sangat sering terjadi di kehidupan nyata. Dokumen yang menunjukkan informasi keuangan, detail pribadi, dan bahkan surat sampah Anda dapat menjadi sasaran pencuri. Itulah mengapa Anda harus membuang semua dokumen yang tidak Anda butuhkan lagi. Dan jika Anda benar-benar membutuhkannya, Anda harus menyimpannya di tempat yang aman di mana pencuri akan kesulitan menemukannya.

5. Tambahkan kaca film pengaman ke jendela Anda.
Kaca film pengaman jendela adalah plastik tipis dan transparan yang melindungi jendela Anda dari pembobol dan orang yang tidak berhati-hati. Dengan kaca tersebut dapat menambah kekuatan pada jendela Anda dan, jika pencuri mencoba masuk, akan membuat pekerjaan mereka jauh lebih sulit. Biasanya, kaca ini transparan, tetapi menawarkan opsi privasi yang mengamankan rumah Anda dari penyusup yang ingin. Jadi, jika pencuri mencoba melihat apakah rumah Anda kosong atau tidak, mereka hanya akan melihat desain kaca film keamanan Anda.

6. Ciptakan umpan dengan meletakkan beberapa barang berharga di tempat yang jelas.
Terkadang pencuri tidak berkecil hati dengan alarm atau kamera keamanan. Mereka akan membobol secepat mungkin dan mengambil apa pun yang mereka temukan sebelum polisi diberi tahu. Dan karena mereka tidak punya banyak waktu, mereka akan menuju ke tempat persembunyian yang paling umum, seperti meja samping tempat tidur atau lemari. Karena itu, ambillah sebuah kotak dan taruh uang palsu, perhiasan, dan kertas tak berarti di dalamnya, dan biarkan mereka berpikir bahwa mereka mencuri barang-barang berharga.

7. Beli simulator TV.
Apakah Anda sedang pergi berlibur atau hanya keluar untuk beberapa jam, TV palsu dapat memberi Anda perlindungan dari kemungkinan pencuri. Ada banyak model dengan sensor dan pengatur waktu bawaan sehingga Anda dapat memprogramnya untuk beroperasi kapan pun Anda mau. Mereka memiliki kemampuan untuk mensimulasikan perubahan warna televisi yang sebenarnya. Untungnya, mereka mengonsumsi lebih sedikit daya daripada TV konvensional, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang tagihan listrik.

Baca Juga: Ayah Puluhan Kali Perkosa Anak Kandung Sejak Kelas 1 SMK, Hingga Korban Hamil 3 Bulan

8. Gantung nomor rumah Anda pada sebuah plakat besar.
Pencuri biasanya memilih rumah yang alamatnya sulit ditemukan. Itulah mengapa sangat berguna untuk menggantungkan nomor rumah Anda pada plakat besar di dinding depan dan di kotak surat Anda juga. Dalam keadaan darurat, polisi akan lebih mudah mengidentifikasi properti Anda. Oleh karena itu, kemungkinan menangkap pencuri dengan tangan merah lebih mungkin.

9. Menyediakan tombol panik.
Bayangkan jika seorang penyusup datang ke rumah Anda saat Anda berada di dalam, bersembunyi di kamar tidur Anda. Memiliki tombol panik di dekat Anda akan memberi tahu polisi atau tindakan keamanan lainnya yang telah Anda lakukan. Tombol alarm bisa berbunyi keras, seperti kebanyakan alarm, tetapi juga bisa benar-benar senyap. Yang terakhir ini akan banyak membantu menangkap pencuri daripada mengusir mereka setelah mendengar suara alarm yang keras.

10. Jangan memposting gambar kunci rumah Anda di media sosial.
Terkadang orang-orang menunjukkan kunci mereka secara online tanpa menyadarinya, dan itu adalah sesuatu yang berpotensi membahayakan mereka. Lebih khusus lagi, seseorang yang mengikuti setiap gerakan Anda dapat membuat salinan kunci Anda hanya dari sebuah foto. Satu-satunya hal yang mereka butuhkan adalah aplikasi yang memindai kunci, membuat duplikat, dan kemudian mengirimkannya ke rumah mereka.

11. Berkenalan dengan tetangga Anda.
Dalam komunitas kecil dan padat, perampokan tampaknya jarang terjadi. Ini karena setiap orang saling mengenal dan mereka peduli dengan kesejahteraan setiap orang. Meskipun Anda pergi, tetangga Anda akan mengawasi orang-orang mencurigakan yang mungkin bersembunyi di luar rumah Anda. 

12. Tempatkan gelas manik-manik di belakang pintu Anda.
Baik saat Anda pergi atau di dalam rumah, Anda dapat meletakkan segelas penuh manik-manik tepat di belakang pintu depan Anda. Jika seseorang memasuki rumah Anda, kemungkinan besar mereka akan menyebarkan manik-manik ke mana-mana. Mereka pasti akan mencoba dan mengambil semuanya, tetapi mereka mungkin akan melewatkan beberapa dari mereka. Jadi, jika Anda tahu angka pastinya, Anda akan tahu bahwa seseorang melanggar ruang pribadi Anda.

Ini juga merupakan alternatif yang bagus untuk alarm saat Anda berada di dalam rumah. Jika Anda mendengar manik-manik jatuh ke lantai, Anda akan diberi tahu bahwa pencuri potensial baru saja masuk ke rumah Anda.

Sudahkah Anda mengambil tindakan pencegahan keamanan untuk melindungi rumah Anda dari penyusup? Jika ya, apakah terbukti efektif?

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...