Ratusan Senjata Ditemukan di Kapal Layar, Diduga Untuk Persenjatai Perang Yaman

Senin, 10 Mei 2021 | 09:41 WIB
NYP NYP

RIAU24.COM -  Sebuah gambar tampak menunjukkan ribuan senjata, senapan mesin dan senapan sniper yang menurut Angkatan Laut AS ditemukan di kapal layar yang diyakini dibawa dari Iran untuk mendukung perang di Yaman.

Mereka juga menemukan senjata yang disembunyikan di atas kapal layar. Kapal laya ini merupakan kapal tradisional yang terlihat melewati bagian utara Laut Arab di lepas pantai Oman dan Pakistan, Minggu (9/5).
Baca Juga: 5 Polisi Dipecat setelah Tersangka Bunuh Diri di Ruang Interogasi, Bagaimana Bisa?


Menurut Angkatan Laut AS, senjata-senjata tersebut terdiri dari; 3.000 senapan serbu Tipe 56 Tiongkok, varian Kalashnikov, serta ratusan senapan mesin berat dan senapan sniper lainnya.

Ada juga lusinan peluru kendali anti-tank canggih buatan Rusia, dan beberapa ratus peluncur granat berpeluncur roket dan pemandangan optik untuk senjata.

Menurut Angkatan Laut, kapal itu diyakini berangkat dari Iran menuju Yaman. Senjata ini diduga untuk mempersenjatai pemberontak Houthi Yaman.

Baca Juga: Polresta Pekanbaru Sita Puluhan Butir Ekstasi Berkandungan Zat yang 'Langka' Beredar
"Campuran unik material yang ditemukan oleh USS Monterey tampaknya konsisten dengan material dari larangan sebelumnya, yang telah dikaitkan dengan Iran," Tim Michetti, seorang peneliti investigasi yang mempelajari perdagangan senjata ilegal.

Secara resmi, Angkatan Laut mengatakan "sumber asli dan tujuan yang dimaksudkan dari" senjata tersebut "saat ini sedang diselidiki".

Mulai September 2014, perang Yaman telah menewaskan sekitar 130.000 orang, termasuk lebih dari 13.000 warga sipil tewas dalam serangan yang ditargetkan.

Meskipun demikian, para ahli PBB memperingatkan "semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa individu atau entitas di Republik Islam Iran memasok sejumlah besar senjata dan komponen ke Houthi."

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...