Ini 5 Cara Mudah Untuk Kendalikan Nafsu Makan Anda

Sabtu, 05 Juni 2021 | 09:16 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  SEJAK 'lockdown', banyak dari kita yang berkeinginan untuk mengunyah berbagai makanan.

Faktanya, lebih dari 90 persen populasi dunia akan mendambakan makanan dan ketika itu datang, sangat sulit untuk mengabaikannya sehingga membuat kita sering tersandung dan menyentuh berbagai makanan yang tidak sehat.

Sebenarnya ada berbagai cara untuk mencegah diri kita dari mengendalikan nafsu makan kita terutama selama masa pandemi.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Efek Buruk Pada Kulit Jika Kamu Gunakan Ponsel Berlebihan

1. Asupan kalori yang cukup

Tanpa kalori dan nutrisi yang cukup, tubuh kita memang akan memberikan sinyal untuk mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diet bebas kalori akan meningkatkan nafsu makan. Jadi yang terbaik adalah menyeimbangkan pola makan Anda agar tidak memicu ngidam saat duduk di rumah.

2. Hindari diet ketat

Banyak yang bertekad untuk menurunkan berat badan selama periode PKP saat ini dan mengikuti diet ketat. Padahal diet ketat hanya akan menimbulkan keinginan makan yang lebih besar. Daripada diet ketat, lebih baik memilih diet yang bergizi dan seimbang agar proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat tanpa harus kelaparan.

3. Jangan tunggu sampai lapar baru makan

Membiarkan perut Anda lapar dapat meningkatkan risiko mengidam yang kuat. Saat tubuh dalam keadaan lapar, tubuh akan memberikan sinyal agar kita makan lebih banyak agar gula darah kembali normal. Padahal, saat kadar gula dalam darah berada pada level normal, nafsu makan dan ngidam tidak akan terjadi. Jadi lebih baik kita makan sebelum lapar.

Baca Juga: Menindik Telinga Anak Saat Masih Bayi Lebih Baik Dibandingkan Saat Ia Berusia Lebih Dari 11 Tahun, Ini Alasannya

4. Makanan yang memuaskan

Cara yang tepat untuk mengendalikan nafsu makan adalah dengan makan makanan yang memuaskan karena mampu membuat kita bertahan lebih lama tanpa mengidam hal lain.

5. Jangan terobsesi dengan kalori

Ketika kita terobsesi dengan berapa banyak kalori yang diambil di dalamnya bisa membuat seseorang menjadi depresi dan akan beralih ke makanan. Studi juga menemukan bahwa seseorang yang lebih fleksibel dan tidak terobsesi dengan apa yang dia makan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, pastikan pemilihan makanannya akurat dan seimbang.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...