Ibu Hamil Wajib Makan Kangkung, Jika Ingin Anak Lahir dengan Tubuh yang Tinggi

Selasa, 13 Juli 2021 | 08:37 WIB
google google

RIAU24.COM - Mudah ditemui, diolah dan harganya cukup murah, tak mengherankan jika kangkung menjadi salah satu sayuran yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Dari segi nutrisi, sayuran hijau ini pun tidak bisa disepelekan, termasuk untuk bumil .

Di dalam kangkung terdapat kandungan klorofil dan kalsium yang tinggi. Sehingga, ketika ibu hamil mengonsumsinya, kandungan tersebut dapat membantu untuk pertumbuhan tulang dan juga si bayi.

Bahkan, kalsium tersebut dapat membantunya untuk tumbuh tinggi sang buah hati seiring berjalannya usia.

Dalam 100 gram kangkung, terdapat 73 mg kalsium dan 50 mg fosfor yang baik bagi tulang.

Baca Juga: 5 Gejala Gagal Jantung yang Tidak Boleh Disepelekan Jika Ingin Panjang Umur

Banyaknya manfaat kangkung untuk ibu hamil tidak boleh diabaikan, berikut  manfaat kangkung untuk bisa diketahui bersama.

1. Mengandung serat

Kangkung hadir dengan kandungan serat yang sangat bagus untuk pencernaan usus halus. Serat yang ada dalam sayuran kangkung pun dapat mencegah kondisi seperti sembelit, menjaga daerah panggul hingga pencernaan lancar yang membuat perut terasa lega.

2. Menambah energi

Seorang ibu hamil umumnya akan mengalami kondisi di mana tubuh mudah lemas dan letih, terlebih di usia kehamilan trimester pertama. Biasanya ini terjadi ketika ada asupan zat besi yang kurang atau ibu hamil yang kekurangan darah, sehingga menjadikannya cepat merasa letih hingga lesu.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, sangat disarankan mengonsumsi kangkung untuk ibu hamil. Ini dikarenakan kangkung sendiri memiliki kandungan gizi yang baik untuk memenuhi setiap kebutuhan nutrisi di masa kehamilan. Dengan begitu, energi Mama akan terisi secara penuh.

3. Mengandung vitamin A

Vitamin A yang ada di dalam kangkung bisa membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, baik bagi kamu ataupun sang buah hati. Ini menjadi faktor penting dalam landasan tahap prenatal untuk pengembangan sistem kekebalan tubuh pada sang buah hati.

4. Penyumbang asam folat

Asam folat menjadi salah satu zat yang sangat dibutuhkan janin untuk membantu proses tumbuh kembangnya saat ia berada di dalam kandungan. Bahkan kebutuhan janin terhadap asam folat sangatlah tinggi.

Baca Juga: Delta Strain Covid Dominan Secara Global, Sekarang Menyebar ke 185 Negara: WHO

Akan tetapi, hingga sekarang ini masih banyak di antaran para ibu hamil yang mengabaikan kandungan gizi satu ini. Berbicara asam folat, kamu bisa memperolehnya dari kangkung yang memang memiliki kandungan asam folat dengan jumlah yang banyak.

5. Membantu proses pertumbuhan tulang

Seperti yang kita tahu, kangkung juga memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak, di mana kandungan kalsium ini dapat menguatkan tulang dan membantu proses pembentukan tulang janin.

 

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...