KOMMAPALA Winnetou Bersama Himapeka Waradipa Ekspedisi Gua Riau Jilid II di Desa Aliantan Rohul

Jumat, 16 Juli 2021 | 09:17 WIB
KOMMAPALA Winnetou Bersama Himapeka Waradipa Ekspedisi Gua Riau Jilid II di Desa Aliantan Rohul (foto/ist) KOMMAPALA Winnetou Bersama Himapeka Waradipa Ekspedisi Gua Riau Jilid II di Desa Aliantan Rohul (foto/ist)

RIAU24.COM - Kegiatan Ekspedisi Gua Riau Jilid II ini berlangsung pada tanggal 09-11 Juli 2021. Ini merupakan kegiatan kedua bagi KOMMAPALA Winnetou, dimana setahun yang lalu sudah pernah berlangsung di ekspedisi gua jilid I. 

Tapi Ekspedisi gua kali berbeda dengan ekspedisi gua sebelumnya,dikarenakan KOMMAPALA Winnetou mendapat partner dari Himapeka Waradipa. Namun kegiatan ekspedisi goa ini merupakan kegiatan pertama bagi Himapeka Waradipa.

Pada hari Jum’at, 09 Juli 2021 kedua mapala mengadakan pembukaan di homestay masing masing. Setelah selesai Himapeka Waradipa ke KOMMAPALA Winnetou untuk berkumpul. Sebelum keberangkatan bagi yang laki-laki muslim sholat jum’at terlebih dahulu,selanjutnya mengadakan makan bersama diKOMMAPALA WINNETOU.

Selesai makan siang bersama kami masukkan barang barang ke dalam bus. Pagi sekitar pukul 10.00 tim event sudah berangkat 5 orang. Untuk mengecek lokasi dan meminta izin kembali ke kantor desa disekitar. Pukul 14.46 sebuah bus yang membawa 26 orang didalamnya. Terdiri dari 7 anggota KOMMAPALA Winnetou, 17 anggota Himapeka Waradipa dan 2 orang dari Mapedallima Hangtuah (MH).

Baca Juga: 6 Tahun Dirawat, Siamang di Rohul Peluk Erat Pemiliknya Sebelum Dievakuasi BBKSDA Riau

Rombongan sampai jam 17.30, disana kami sudah disambut oleh tim event yang selanjutnya mengarahkan bus rombongan kekantor desa untuk bertemu dengan juru kunci dan kepala desa setempat. Lokasi ekspedisi kali ini berada di desa Aliantan, Kabun, Rokan Hulu (Rohul). Gua yang akan di jadikan pemetaan kali ini gua garuda dan gua kuali. Setelah selesai acara dikantor desa rombongan pun pergi masuk ke dalam hutan dimana tempat untuk mendirikan camp. Saat sampai, ada yang bertugas mendirikan dome dan camp induk, ada yang bertugas masak dan ada yang bertugas membuat api unggun, dan diselingi oleh sholat magrib dan isya. Namun malam itu cuaca tidak bersahabat dengan kami, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya, sehingga yang harusnya tadi kami ingin kumpul dan beristirahat makan malam. Harus ditunda dengan kegiatan memindahkan barang bawaan ke dalam gubuk yang ada disekitar camp, dan ada yang membuat parit kecil disekitar camp induk untuk dialirin air kesungai.Saat sedikit reda,rombongan tetap semangat mengadakan rapat malamuntuk membahas bagian tugas besok hari. Setelah selesai rapat semua rombongan kembali tidur lebih awal untuk mengisi tenaga dipagi hari.

Hari Sabtu,10 Juli 2021 pagi sekitar jam 04.00 bagian koordinator dapur sudah bangun.Menyiapkan sarapan pagi beserta minumannya,untuk semua anggota ekspedisi gua.Sedangkan koordinator Lapangan membangunkan anggotanya jam 05.00 untuk melaksanakan sholat subuh dan bersiap-siap.Jam 08.00 semua anggota sarapan pagi bersama dan selanjutnya,untuk team pemetaan dan ekspore bersiap siap menggunakan perlenkapan lengkap untuk memasuki gua.Alat yang dipakai ada headlamp,helm,coverall,sarung tangan,kaos kaki,sepatu boot.Tim pemetaan terdiri dari 5 orang berngkat kegua garuda,sedangkan tim ekspore terdiri dari 7 orang pergi kegua kuali.Sisanya berada di camp,selagi bergantian masuk ikut tim eksplore.

Baca Juga: Angka Kematian Akibat Covid-19 di Riau Masih Tinggi, Kemarin 35 Orang yang Meninggal, Ini Rinciannya

Saat siang,team dapur menyiapkan makanan ringan untuk dimakan didalam gua.Dihari ke-2 ini,kegiatan full dari pagi-sore hari.Bahkan sampaimalam team pemetaan masih lanjut,dikarenakan belum siap untuk pemetaan digua garuda.Tim ekspor pun sampai sore juga mengekpore guar kuali,karena bergantian dengan yang ada camp.Malam harinya ternyata hujan turun dengan deras,sehingga team pemetaan memberhentikan kegiatannya dan balik ke camp.Semua anggota malam itu sibuk membereskan barang yang diluar ke dalam gubuk yang ada,ada yang betugas memperbaiki camp induk tempat untuk berkumpul.Sekitar tengah malam hujan mereda,walaupun masih gerimis.

Semua rombongan mengadakan rapat,untuk membahas hasil pemetaan dan ekspore.Selesai rapat semua rombongan kembali tidur ke camp masing masing dan bagi yang laki-laki bergantian menjaga api unggun agar tetep menyala.

Pagi harinya Minggu,11 Juli 2021 team dapur bangun lebih awal untuk menyiapkan sarapan pagi dan minuman hangat untuk semua rombongan.Pukul 07.00 semua anggota ekspedisi bangun dan langsung sarapan pagi bersama. Pagi ini Jam 09.30 tim pemetaan dan ekspore melanjutkan kerjaan yang tertunda semalam.

Dimana tim pemetaan melanjutkan pemetaan gua garuda yang tinggal beberapa persen lagi.Setelah selesai pukul 12.00 tim pemetaan kembali ke camp untuk beristirahat serta makan siang terlebih dahulu,sebelum melanjutkan pemetaan ke gua kuali.Siang hari sekitar jam 14.00 tim pemetaan dan tim ekspor pergi kembali kedalam gua,melanjutkan kegiatannya yang belum siap.Tim pemetaan pergi ke gua kuali dengan anggota 5 orang, menempuh perjalanan 2/4 jam dengan berjalan kaki.Sedangkan tim ekspor pergi ke gua garuda,dengan bergantian dengan yang jaga di dom.

Dengan keadaan yang kurang mendukung,dikarenakan tim pemetaan kelelahan dan lapar. Pukul 18.00 maka leader tim pemetaan memutuskan untuk pulang ke camp dan saat keluar dari gua ternyata keadaan diluar sedang gerimis.Pukul 18.25 tim pemetaan sampai di camp dalam keadaan basah karena kehujanan,dan disana tim dapur sudah menyiapkan air hangat untuk menghangatkan tubuh.

Sekitar pukul 20.00 koordinator lapangan mengadakan rapat dadakan.Dikarenakan cuaca yang relatif gerimis terus, sedangkan pemetaan gua kuali belum siap serta seharusnya malam ini rombongan pulang kembali kepekanbaru. Jadi diadakan rapat dadakan,yang mana membahas kelanjutan pemetaan dan kepulangan.Setelah rapat panjang akhirnya hasil rapat memutuskan malamnya tim pemetaan melanjutkan pemetaan ke gua kuali dan untuk kepulangan besok pagi jam 08.00.Pukul 10.00 tim pemetaan kembali lagi kegua kuali dengan semangat yang membara.

Sedangkan yang lainnya beransur-ansur membersihkan camp dan alat-alat yang sudah tidak digunakan lagi.Tim pemetaan kembali ke camp pukul 02.30 dengan hasil yang memuaskan dan selasai pemetaan. Tim pemetaan bersih-bersih dan kembali istirahat tidur. Besok paginya sekitar jam 05.00 tim dapur bangun dan masak,serta membuat minuman hangat.

Pukul 07.00 Semua anggota bangun dan sarapan pagi bersama, setelah sarapan semua anggota mengadakan kegiatan operasi plastic dan beres-beres yang belum siap.Pukul 08.30 semua barang sudah masuk kedalam bus danrombongan pun meninggalkan camp peristirahatan dengan keadaan bersih dan aman. Pukul 11.00 bus berhenti dikedai,semua rombongan turun dan membeli makanan untuk menggajal perut sementara.Pukul 12.30 rombongan melanjutkan perjalan pulang kepekanbaru, dan sampai di homestay KOMMAPALA Winnetou pukul 14.30 wib.Rombongan turun beristirahat dan makan siang bersama, sementara disini semua sebelum melanjutkan pulang ke homestay Himapeka Waradipa. (Rilis)

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...