Diikuti Ibu Hamil dan Menyusui, Masyarakat Antusias Ikut Vaksinasi Kedua IDI Dan Dinskes Riau

Minggu, 12 September 2021 | 11:46 WIB
Masyarakat antusias ikuti vaksinasi di SMA N 8 Pekanbaru yang ditaja IDI dan Dinskes Riau Masyarakat antusias ikuti vaksinasi di SMA N 8 Pekanbaru yang ditaja IDI dan Dinskes Riau

RIAU24.COM - Ikatan dokter Indonesia (IDI) berkerja sama dengan Dinas kesehatan (Diskes) provinsi Riau kembali menggelar vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Minggu 12 September 2021. Animo masyarakat masih tinggi mengikuti vaksin di SMAN 8 Pekanbaru, Provinsi Riau.

Baca Juga: Akhir Pekan, Harga Ayam Ras Masih Rp28 Ribu, Bawang Putih Naik Tipis di Pekanbaru

"Hari ini kita kembali mengadakan vaksin tahap kedua di SMAN 8, tahap kedua ini selain untuk umum kita mengikuti sertakan ibu hamil dan ibu menyusui,"kata Dr.dr. Donel selaku koordinator vaksinasi ibu hamil dan menyusui.

Terkait vaksinasi ibu hamil tambahnya pihak akan memberlakukan pelayanan berbeda dari yang lain. Yakni melakukan skrining.

"Kita akan lakukan pemeriksaan atau skrining dahulu selama 15 menit seperti mengecek tensi,suhu, usia kehamilan harus diatas 3 bulan hingga sakit bawaan yang dideritanya. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi yang tidak diinginkan,"terangnya.

Sementara itu Dr.dr Tubagus Odih ketua panitia vaksinasi IDI Pekanbaru dan Dinkes kota mengatakan alasan mengikuti ibu hamil dan menyusui tidak lain karena mengikuti program nasional.

"Jadi total yang akan divaksin tahap dua ini ada 900 lebih. Yang berasal dari keluarga guru dan nakes 100 orang, warga sekitar 124 orang, pelajar 600 orang, hingga ibu hamil dan menyusui 84 orang,"terangnya. 

Sementara itu Ketua IDI Cabang Pekanbaru  Dr Marhan Effendi menambahkan bahwa vaksinasi kedua ini merupakan program IDI wilayah Riau yang berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi untuk percepatan vaksinasi se Riau. 

Kegiatan ini diikuti oleh 12 IDI Cabang kabupaten kota se Riau. Dengan target dosis kedua ini 1000 orang.

"Targetnya sebanyak - banyaknya yakni 1000 orang sesuai dengan target vaksinasi tahap pertama. Jumlah ini tentu menyesuaikan dengan jumlah keterdediaan vaksin,"terangnya.

Baca Juga: Meski Pekanbaru Sudah Level 3, Ayat Cahyadi Imbau Warga Tetap Terapka Prokes Ketat

Program vaksinasi ini, tambah Marhan akan berkelanjutan sampai bulan Desember mendatang di lokasi yang berbeda.

"Selain SMA N 8 kita juga akan mencari sekolah lain yang belum terjangkau vaksinasi,"tutupnya.

Sekedar informasi, vaksinasi massal di SMAN 8 ini, ada beberapa faskes pelaksana yang terlibat yakni Pkm Sail, Pkm Sapta Taruna, Pkm Pekanbaru Kota, Pkm Rejosari, Pkm Harapan Raya, RS. Zainab, RS. PMC, RS. A. B. Panam, RS. Syafira dan RS. Andini.

Sementara dari pelaksana organisasi yakni ada IDI Pekanbaru, IDAI (Ikata Dokter Anak Indonesia) Riau, POGI (Persatuan Obstetri dan Gynecology Indonesia) Riau. Serta  juga dibantu sejumlah relawan dari anggota IDI Pekanbaru, siswa Spesialis Obgyn FK UNRI, siswa Dokter FK UNRI dan siswa Dokter FK Abdurrab.

PenulisR24/riko


Loading...
Loading...