Hati-hati, Mati Rasa Setelah Bangun Tidur Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 09:05 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

 

RIAU24.COM - Mati rasa atau kesemutan saat bangun tidur biasanya terjadi ketika salah satu bagian tubuh kewalahan saat tidur. Ini karena sirkulasi darah yang buruk karena tekanan pada saraf.

Namun pada kasus tertentu, mati rasa saat bangun tidur juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Mati rasa yang hanya terjadi sesekali adalah normal dan tidak perlu menjadi perhatian.

Baca Juga: Tidak Bisa Menemukan Obat Untuk Mengobati Penyakit Genetik Langka Putranya, Pria Asal Tionghoa Ini Memutuskan Untuk Membuatnya Sendiri

Namun, kondisi tersebut bisa mengkhawatirkan jika sering terjadi dan bisa menjadi pertanda beberapa penyakit antara lain;

1. Sindrom terowongan karpal

Penyakit ini disebabkan oleh tekanan pada saraf utama di bagian depan pergelangan tangan. Selain sering mati rasa saat bangun tidur, gejala lain dari penyakit ini adalah genggaman tangan jadi kurang kuat dan mudah lesu.

2. Spondilosis leher serviks

Penyakit ini disebabkan oleh cengkeraman tulang belakang di leher. Biasanya, masalah kesehatan ini sering terjadi di kalangan lansia. Selain kesemutan, tanda lain dari cervical spondylosis pada leher adalah leher menjadi kaku serta kaki kehilangan sensasi.

3. Neuropati perifer

Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada sistem saraf. Saraf ini bertanggung jawab untuk menerima dan mengirim sinyal antara sistem saraf utama dan tubuh. Gejala umum dari neuropati perifer adalah sering kesemutan terutama saat bangun tidur di pagi hari, badan terasa nyeri saat bangun tidur dan telinga berdenging.

Baca Juga: 10 Makanan Afrodisiak yang Harus Anda Konsumsi Untuk Meningkatkan Libido

4. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang menyebabkan gula darah tinggi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak merespon insulin secara efektif. Salah satu gejala penyakitnya adalah mati rasa, badan terasa mati rasa serta hilangnya indera perasa dan raba pada kaki.

5. Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 berguna untuk menjaga otak dan saraf berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 dapat disebabkan oleh masalah kesehatan seperti gastritis dan penyakit autoimun. Gejala kekurangan vitamin B12 termasuk anggota badan mati rasa, nyeri sendi dan otot dan nafsu makan berkurang.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...