Para Ahli Melarang Keras Masyarakat Mandi Usai Lakukan 4 Kegiatan Ini, Bahayanya Sangat Fatal

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 10:05 WIB
Foto : Poskota.com Foto : Poskota.com

RIAU24.COM Mandi merupakan cara membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel. Mandi dianjurkan minimal 2 kali sehari, guna membersihkan kuman dan kotoran setelah beraktvitas. Dilansir dari Poskota, n perlu diingat, mandi juga tak boleh sembarangan loh, terlebih lagi ahli melarang keras anda mandi setelah melakukan sejumlah kegiatan ini.

1. Mandi Setelah Makan

Pada saat setelah makan, darah kita akan fokus pada pencernaan. Akibatnya ketika makan terus mandi maka pembuluh darah akan mengembang dan mengulang kembali fungsinya. Ketika hal tersebut dilakukan, sistem peredaran darah dan pencernaan akan terganggu.

2. Mandi Setelah Beraktifitas Berat

Setelah beraktifitas haruslah beristirahat terlebih dahulu, entah itu aktifitas otak atau otot. Jika langsung mandi setelah beraktifitas, hal ini menyebabkan kurang darah di bagian hati dan dada yang membuat pingsan.

Baca Juga: Tidak Bisa Menemukan Obat Untuk Mengobati Penyakit Genetik Langka Putranya, Pria Asal Tionghoa Ini Memutuskan Untuk Membuatnya Sendiri

3. Mandi Setelah Mabuk

Alkohol menjadi penghambat aktifitas hati dan menghambat pelepasan glukosa. Saat mandi dalam situasi ini akan membuat pencernaan glukosa meningkat. Hal ini menyebabkan tubuh memproduksi gula darah terlalu banyak sehingga akan rentan terkena pusing dan merah.

4. Mandi Saat Demam

Saat demam, tubuh mengkonsumsi panas lebih dari 20 persen. Sangat tidak dianjurkan untuk mandi ketika demam karena akan mudah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Perlu diketahui, mandi atau berendam jika menggunakan air dingin di pagi hari ternyata sangat baik loh untuk tubuh.

Karena bisa berfungsi sebagai hidroterapi atau terapi air untuk mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati, berikut beragam manfaat mandi pagi yang bisa Anda peroleh bila dilakukan secara rutin menurut para ahli, yaitu:

- Meredakan gejala depresi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin selama 5 menit setiap 2-3 kali dalam seminggu, dipercaya dapat meringankan gejala depresi atau stres. Ketika mandi menggunakan air dingin, tubuh akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

Baca Juga: 10 Makanan Afrodisiak yang Harus Anda Konsumsi Untuk Meningkatkan Libido

- Mengatasi susah bangun tidur
Bila Anda termasuk orang yang susah bangun tidur, mandi pagi dengan air dingin bisa menjadi cara yang tepat untuk mengatasinya. Saat terkena suhu dingin, tubuh akan bereaksi dengan meningkatkan denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini bisa membuat tubuh langsung terjaga.

- Melawan berbagai penyakit
Manfaat mandi pagi lainnya adalah merangsang produksi sel darah putih atau leukosit. Leukosit berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Dengan kata lain, mandi pagi bisa membantu tubuh melawan berbagai serangan penyakit, seperti pilek dan flu.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...