Campuran Kopi dan Air Lemon Dipercaya Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan, Ini Kata Para Ahli..

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:15 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM - SEJAK belakangan ini, semakin banyak pecinta kopi yang mencampurkan ekstrak jus lemon ke dalam minuman yang dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Tren tersebut dipopulerkan oleh seorang pengguna TikTok bernama Hilda Ama Braso yang menyarankan untuk menambahkan jus lemon ke dalam kopi, yang dipercaya dapat membakar lemak lebih cepat.

Namun sejauh mana kebenaran campuran kopi dan jus lemon mampu menurunkan berat badan?

Ahli diet British Dietetic Association Marcela Fiuza mengatakan tidak ada penjelasan fisiologis yang membuktikan campuran kopi dan lemon bisa membakar lemak. Namun, kata Marcela, jus lemon secara umum dapat menurunkan indeks glikemik atau kadar gula yang diserap dalam darah.

Baca Juga: Tidak Bisa Menemukan Obat Untuk Mengobati Penyakit Genetik Langka Putranya, Pria Asal Tionghoa Ini Memutuskan Untuk Membuatnya Sendiri

“Jika kita mencampur lemon dalam salad, kopi atau ikan, bisa memperlambat proses penyerapan karbohidrat. Artinya, gula darah tidak akan naik tajam. Namun efek jus lemon dalam menurunkan gula darah bukan berarti bisa membantu menurunkan berat badan,” jelasnya.

Menjawab apakah campuran jus lemon bisa berpengaruh pada penurunan berat badan, Marcela menjelaskan mungkin bisa membantu mengurangi nafsu makan seseorang.

“Kalau gula darah tidak naik terlalu tinggi bisa mengurangi nafsu makan tapi itu efek tidak langsung,” jelasnya.

Baca Juga: 10 Makanan Afrodisiak yang Harus Anda Konsumsi Untuk Meningkatkan Libido

Jika ingin mencoba cara itu, Marcela menyarankan agar ditambahkan garam atau gula untuk menyeimbangkan rasa kopi dan lemon. Jelas, pendekatan itu mungkin berhasil untuk beberapa individu dan sebaliknya. Efek positifnya, kata Marcela, kemungkinan besar terjadi karena mereka juga berlatih olahraga dan mengubah pola makan mereka dan tidak hanya mengandalkan resep kopi dan jus lemon.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...