Hari Guru Nasional, Ketua BKH PGRI Riau Minta Gaji Guru Honorer Sesuai UMP Riau 2022

Kamis, 25 November 2021 | 22:46 WIB
Hari Guru Nasional, Ketua BKH PGRI Riau Minta Gaji Guru Honorer Sesuai UMP Riau 2022 (foto/int) Hari Guru Nasional, Ketua BKH PGRI Riau Minta Gaji Guru Honorer Sesuai UMP Riau 2022 (foto/int)

RIAU24.COM - Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Pada 2021, peringatan ini jatuh pada hari ini, Kamis (25/11/2021).

Melansir Kemenag, lahirnya Hari Guru Nasional tidak bisa dipisahkan dari keluarnya Keppres Nomor 78 tahun 1994 tersebut dijelaskan pertimbangan penetapan 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Pada hari spesial ini harusnya menjadi momen bagi sejumlah pihak mengenai nasib dan kesejahteraan guru di Indonesia.

Terutama untuk gaji guru yang non PNS atau ASN. Seperti yang disampaikan Ketua Badan Khusus Honorer (BKH) PGRI Provinsi Riau, Eko Wibowo. "Perlu diperhatikan juga mengenai kesejahteraan seperti guru-guru honorer yang ada. Sudah sepantasnya gaji guru honor disesuaikan dengan UMK Provinsi Riau 2022," harap Eko Wibowo yang juga akrab disapa Ekowi.

Baca Juga: Pelatihan Digital Media Reporter 2021 di Pekanbaru yang Ditaja BBPSDMP Kominfo Medan Resmi Ditutup

Sebagai informasi Pemerintah Provinsi Riau menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Riau di 2021 Rp 2,8 juta. Kemudian UMP tahun 2022 wilayah Riau naik menjadi Rp 2,9 juta. Bagi Ekowi masih banyak guru yang menerima honor jauh dari yang diharapkan.

Baca Juga: Hotspot di Riau Bertambah, Pelalawan Terbanyak Muncul 8 Titik Panas

Belum lagi pada tes CPNS dan PPPK lalu, guru honorer yang masa bakti 10 hingga 15 tahun tetap harus menjalani tes. "Semestinya yang 5, 10 sampai 15 tahun mengabdi di sekolah masing-masing bisa CPNS atau PPPK tanpa tes karena guru honor sudah lama mengabdi," sebutnya.

Maka itu dirinya berharap kedepan nasib seluruh guru bisa lebih baik lagi dan semakin diperhatikan oleh pemerintah baik di daerah atau pusat.

PenulisR24/riki


Loading...

Terpopuler

Loading...