Penambangan Bitcoin yang Sangat Berisik Membuat Orang Menjadi Gila Di Quebec

Senin, 29 November 2021 | 16:27 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM - Bitcoin dan cryptocurrency adalah pembicaraan di kota saat ini -- penambang menambang cryptocurrency dengan menyelesaikan perhitungan rumit di komputer sepanjang hari-sepanjang malam, dan sementara seluruh proses ini tidak baik untuk lingkungan, ini sangat menguntungkan bagi penambang dan investor yang mendapatkan pertumbuhan substansial karena nilai bitcoin meroket.

Bitcoin

Namun, kebahagiaan yang sama tidak terjadi pada penduduk kota Sherbrooke, Quebec, sekitar 150 kilometer sebelah timur Montreal yang merupakan rumah bagi Bitfarms -- sebuah perusahaan yang membuat mata uang kripto. 

Baca Juga: Lima Orang Tewas Saat Topan Noru Melanda Filipina Utara

Menurut laporan WSJ , mereka mengeluh bahwa fasilitas penambangan bitcoin di daerah mereka terus-menerus mengeluarkan suara seperti bor cengeng yang berlangsung 24x7. Suara dengung terus-menerus tampaknya membuat mereka gila. Tapi apa yang membuat proses penambangan bitcoin begitu berisik?

 Penambangan Bitcoin: pandangan sekilas

Bagi yang belum tahu, penambangan bitcoin adalah proses memecahkan masalah matematika komputasi yang sangat kompleks (teka-teki hashing) menggunakan perangkat keras komputer yang kompleks. Tujuan komputer adalah untuk menemukan solusi untuk masalah tersebut dan ketika satu komputer menemukan solusinya, komputer tersebut diberikan satu blok bitcoin dan prosesnya berlanjut.

Seperti yang diungkapkan oleh IndiaTimes, penambangan cryptocurrency sangat melelahkan, mahal, dan jarang menguntungkan.

Baca Juga: Korban Tewas Dalam Tragedi Kapal Bangladesh Meningkat Menjadi 32 Orang Sementara Puluhan Lainnya Menghilang

penambangan bitcoin 

 Namun, fasilitas penambangan kripto memiliki ratusan atau ribuan komputer seperti itu, yang menjalankan perhitungan dan menghabiskan satu ton daya pemrosesan, jadi tidak mengherankan jika suara kipas yang merengek juga semakin kuat.

penambangan kripto

Menjaga hal-hal tetap keren

Beberapa fasilitas pertambangan menggunakan solusi pendinginan/ventilasi industri untuk menghilangkan panas dan membantu sistem bekerja pada suhu optimal, seolah-olah suhu menjadi lebih tinggi dari biasanya, hal itu akan mengakibatkan pelambatan termal, yang menyebabkan sistem menurunkan kinerja dalam upaya untuk mencegahnya agar tidak terlalu panas. 

Untuk memastikan bahwa ambang batas tidak pernah disentuh, fasilitas penambangan bekerja keras untuk memastikan suhu di fasilitas tersebut optimal. Beberapa menggunakan sistem pendingin udara segar langsung, beberapa menggunakan pendinginan evaporatif, sementara beberapa mengandalkan sistem pendingin imersi, di mana rig dicelupkan ke dalam larutan pendingin atau pendingin oli untuk membantu menjaga suhu pada tingkat yang efisien. 

Tak perlu dikatakan lagi bahwa perangkat keras yang haus daya ditambah solusi pendinginan yang luar biasa inilah yang membuat fasilitas pertambangan menghabiskan banyak energi, dan dengan demikian bukan yang terbaik untuk planet kita. 

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...