Kasus Covid-19 Baru Meningkat Drastis Hanya Dalam Satu Hari di Afrika Selatan Ditengah Ketakutan Peneyebaran Omicron

Jumat, 03 Desember 2021 | 14:08 WIB
Foto : IndiaTimes.com Foto : IndiaTimes.com

RIAU24.COM - Kasus baru Afrika Selatan hampir dua kali lipat dalam sehari, pihak berwenang melaporkan sesuai AP, menandakan lonjakan di negara tempat para ilmuwan mendeteksi varian Omicron pada minggu sebelumnya. Kasus baru yang dikonfirmasi naik menjadi 8561 dari 4373 sehari sebelumnya, statistik resmi menunjukkan.

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan mereka bersiap menghadapi lonjakan kasus sejak penemuan varian baru. 

Afrika Selatan

Baca Juga: Gawat! Australia Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertamanya, Inilah Daftar Negara yang Sudah Terdampak

Lebih banyak kasus dilaporkan

“Ada kemungkinan bahwa kita benar-benar akan melihat dua kali lipat atau tiga kali lipat kasus saat kita bergerak atau saat minggu ini terbuka,” kata Dr Nicksy Gumede-Moeletsi yang merupakan ahli virologi regional untuk WHO. 

 "Ada kemungkinan bahwa kita akan melihat peningkatan besar dalam jumlah kasus yang diidentifikasi di Afrika Selatan," tambahnya. Afrika Selatan melihat penularan yang rendah karena rata-rata hanya ada 200 kasus setiap hari tetapi kemudian kasus baru mulai meningkat dengan cepat. 

Afrika Selatan 

Laboratorium di Afrika Selatan dan Botswana segera melakukan pengurutan genom untuk mempelajari kasus Omicron. Varian Omicron telah terdeteksi di 5 dari 9 provinsi dan menyumbang 74% dari genom virus yang diurutkan pada bulan November, kata Institut Nasional untuk Penyakit Menular. 

Pada 26 November 2021, WHO menetapkan varian baru SARS-CoV-2. Atas saran dari Kelompok Penasihat Teknis tentang Evolusi Virus SARS-CoV-2, virus itu diberi nama Omicron.Varian Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021. 

Menurut bukti awal WHO, varian baru ini memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan. Ini juga memiliki peningkatan risiko infeksi ulang dibandingkan dengan VOC lainnya.

Baca Juga: Korea Selatan Bikin Kota Terapung dengan Desain Sarang Lebah, Sangat Canggih dan Keren

tes COVID 

Sesuai WHO, sementara jumlah kasus positif meningkat di Afrika Selatan, tidak jelas apakah Omicron lebih menular, dibandingkan dengan varian lain, seperti Delta. WHO saat ini sedang mencoba memahami dampak Omicron pada penanggulangan yang ada, termasuk vaksin. Mereka belum mengkonfirmasi apakah vaksin yang ada akan efektif melawan Omicron. 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...