Apa Itu Spirulina Dan Mengapa Direkomendasikan Oleh Ahli Gizi

Senin, 10 Januari 2022 | 15:23 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM - Perjalanan penurunan berat badan biasanya panjang dan didorong oleh motivasi. Dibutuhkan dedikasi, diet yang tepat, dan olahraga teratur untuk menurunkan berat badan ekstra itu. Biasanya dalam perjalanan ini, orang cenderung kehilangan motivasi jika hasilnya tidak membantu. 

Untuk menurunkan berat badan lebih cepat, mereka cenderung kehilangan nutrisi penting. Itu lebih banyak merugikan daripada kebaikan. Di sinilah Spirulina datang untuk bermain. Menurut medicalnewstody.com , spirulina adalah makanan bergizi tinggi, rendah kalori yang memiliki banyak nutrisi dalam jumlah sedikit bubuk. Spirulina membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan nutrisi.

Baca Juga: Paksa Wanita Tidak Menuntut Mahar yang Banyak Jika Siklus Haid Tidak Teratur, Ustaz Ini Tuai Kritik Pedas Dari Netizen

Apa itu Spirulina?

Sesuai verywellhealth.com, spirulina adalah ganggang biru-hijau yang kaya nutrisi, bersama dengan vitamin B, beta karoten, dan vitamin E. digunakan sebagai suplemen makanan dan sebagai makanan utuh. Mereka adalah sumber protein vegan yang baik dan juga memiliki manfaat kesehatan lainnya. Spirulina adalah makanan bergizi tinggi, rendah kalori yang memiliki banyak nutrisi dalam jumlah sedikit bubuk. Spirulina membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan nutrisi.

Inilah Manfaat Spirulina

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi lebih sedikit kalori membantu menurunkan berat badan. Inilah yang spirulina bantu lakukan. Spirulina kaya akan nutrisi dan memiliki makanan rendah kalori yang mengandung nutrisi dalam jumlah sedikit bubuk. Ini membantu dalam menurunkan berat badan tanpa benar-benar kehilangan nutrisi penting.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Spirulina mudah dicerna karena tidak memiliki dinding yang keras dan berserat. Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, spirulina menunjukkan peningkatan kesehatan usus seiring bertambahnya usia. Spirulina tidak ditumpuk dengan serat dan termasuk makanan ramah usus dan berserat tinggi lainnya dalam makanan.

Baca Juga: Khawatir dengan Efek Samping Vaksin COVID-19 dengan Penyakitnya, Rumah Sakit Tolak Berikan Pria Ini Transplantasi Jantung

Membantu Menurunkan Kolesterol

Spirulina membantu menurunkan kadar kolesterol. Menurut medicalnewstoday, kolesterol adalah lemak tidak sehat dalam darah seseorang yang oleh para ahli medis dikaitkan dengan penyakit jantung. Sesuai tinjauan sistematis dan meta-analisis 2016, suplemen spirulina mungkin memiliki dampak positif pada lipid darah. Mereka adalah lemak yang ada dalam darah. Menurut penelitian itu, spirulina telah secara signifikan mengurangi kolesterol total dan menurunkan LDL/kolesterol jahat karena meningkatkan HDL/kolesterol baik.

Mengurangi Tekanan Darah

Ada bukti yang menunjukkan spirulina tidak hanya menurunkan kolesterol tetapi juga mengontrol tekanan darah. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2016, mengkonsumsi spirulina secara teratur selama tiga bulan dapat menurunkan tekanan darah seseorang jika mereka kelebihan berat badan dan jika memiliki hipertensi.

Mencegah Penyakit Jantung

Spirulina membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL. Ini membantu dalam mencegah penyakit jantung juga. Sesuai ulasan 2013, spirulina berperan dalam mencegah penyakit jantung. Hal ini dapat disebabkan oleh penurunan kadar kolesterol, anti-inflamasi, dan efek antioksidan.

Bagaimana Memasukkan Spirulina dalam Diet?

Spirulina tersedia dalam bentuk bubuk maupun tablet. Jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk bubuk, Anda dapat:

  • Termasuk dalam smoothie. Ini memberi warna hijau.
  • Sertakan bubuk spirulina pada salad atau sup.
  • Sertakan dengan bola energi lainnya bersama dengan bahan-bahan sehat lainnya.
  • Sertakan dalam jus buah atau sayuran Anda.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), tidak ada yang mengatur spirulina. Dalam ulasan tahun 2014, spirulina baik untuk manusia tetapi tidak menimbulkan efek samping yang signifikan. Namun, selalu disarankan untuk berbicara dengan dokter sebelum memulai perjalanan spirulina Anda.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...