Viral Video Seorang Warga Suku Dayak Kalimantan Perlihatkan Kekuatan Mistis Mandau Terbang, Netizen: Gimana Pak Edy?

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:14 WIB
google google

RIAU24.COM -  Masyarakat Suku Dayak, Kalimantan tampak kesal dengan ucapan jurnalis senior Edy Mulyadi yang menyebut kawasan Kalimantan menjadi tempat jin membuang anak. Hal itu disampaikannya untuk  mengkritik perpindahan Ibu Kota Negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Bukan hanya itu, mantan Calon Legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut juga menyebut pasar di Kalimantan hanya beroperasi untuk makhluk-makhluk halus seperti genderuwo dan kuntilanak.

Pernyataan ini membuat Edy dilaporkan ke kepolisian. Namun konsekuensi yang dihadapi Edy tidak berhenti sampai di situ, sebab tokoh adat suku Dayak di Kalimantan ikut turun tangan dan mengancam akan mengambil tindakan tegas.

Tindakan tegas yang dimaksud ternyata berkaitan dengan kepercayaan suku Dayak untuk mengirimkan senjata seperti mandau terbang. Mereka mengancam akan melakukan tindakan tegas tersebut apabila Mabes Polri tidak menangkap Edy Mulyadi dalam kurun waktu 1x24 jam.

Baca Juga: Nyesek! Kekasih Brigadir J Menangis Pilu, Vera: Tiga Tahun Abang di Jakarta Kita Gak Pernah Jumpa

"Kamu mau ini? Saya siap!,” kata salah satu tokoh adat Masyarakat Dayak sembari memperlihatkan mandau terbang sebagaimana dilihat dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @fakta.indo, Senin (24/1). 

"Meminta Mabes Polri agar segera menangkap Edy Mulyadi untuk diproses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya. 

"Apabila dalam 1x24 jam tidak disikapi, maka kami akan mengambil sikap tegas terhadap Edy Mulyadi sesuai dengan cara dan adat budaya yang berlaku di daerah kami," tegasnya.

Video ini lantas mendapat banyak atensi dari masyarakat pengguna sosial media lainya, mayoritas dari mereka ikut mengutuk keras pernyataan Edy Mulyadi. 

"Gimana pak edy tidurnya nyenyak gak ?," ungkap @aryadarmaw***

Baca Juga: Terungkap! Inilah 5 Kedekatan Ferdy Sambo dengan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo

"Pak Edy Mulyadi dh siap nerima tamu Mandau Terbang gk neeeh...," ungkap @syamsul_hari***

"panas dingin si edy," ungkap @gusliyan***

Seperti diketahui, mandau adalah senjata tradisional masyarakat Dayak yang bisa dipakai untuk berperang, senjata ini disebut-sebut memiliki kekuatan mistis dan cukup sakti lantaran bisa terbang sendiri dan menyasar musuh-musuhnya. 

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...