Cokelat Menyebabkan Infeksi Salmonellosis Di Eropa Dan AS, Pabrik di Belgia Terpaksa Ditutup

Selasa, 10 Mei 2022 | 11:41 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Dengan lebih dari 150 kasus yang diduga salmonellosis, penyakit usus bakteri, di lebih dari 11 negara, penyelidikan mengaitkan wabah tersebut dengan cokelat yang diproduksi di Belgia. Kasus-kasus itu berasal dari AS, Belgia, Prancis, Jerman, Irlandia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya, dan anak-anak di bawah 10 tahun paling terpengaruh. 

Kasus Salmonella Typhimurium pertama kali dilaporkan oleh Inggris sebulan yang lalu. Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa "Risiko penyebaran di wilayah Eropa WHO dan secara global dinilai moderat sampai informasi tersedia tentang penarikan penuh produk."

<a href=Cokelat menyebabkan infeksi Salmonellosis" src="https://im.indiatimes.in/content/2022/May/Salmonellosis-infection1_6278e61836245.jpg?w=725&h=432&cc=1" style="height:432px; width:725px" />

Pada tahun 1994, sekitar 224.000 orang jatuh sakit karena es krim yang terinfeksi di Amerika Serikat. Demikian pula, lebih dari 25.000 orang terinfeksi oleh sumber makanan tak dikenal di Prancis.

Baca Juga: Tak Sengaja Menelan Alat Tes Swab Covid-19, Wanita Ini Terpaksa Menjalani Operasi

Pabrik Belgia tutup sementara

Patogen dilaporkan berasal dari Belgia. Menurut WHO, "bakteri salmonella yang cocok dengan kasus infeksi manusia saat ini ditemukan Desember dan Januari lalu, di tangki buttermilk di pabrik yang dijalankan oleh pembuat cokelat Ferrero, di kota Arlon, Belgia."

Selama periode risiko, produk KinderJoy ditolak oleh sekitar 113 negara di seluruh dunia. WHO mencatat bahwa wabah strain salmonella resisten terhadap 6 jenis antibiotik. Tingkat rawat inap yang tinggi diamati sementara tidak ada kematian yang dilaporkan sejak wabah Salmonella.

Apa itu salmonelosis?

Cokelat menyebabkan infeksi Salmonellosis

Salmonellosis adalah infeksi bakteri yang umum, disebabkan oleh Salmonella, bakteri non-tifoid. Ini mempengaruhi saluran usus manusia dan dapat menginfeksi manusia dan hewan. Dokter hewan Amerika Daniel Elmer Salmon membantu menemukan bakteri yang sering menyebabkan penyakit ringan. Infeksi dimulai dengan menelan makanan atau air yang terkontaminasi untuk menyebabkan penyakit gastrointestinal. 

Bakteri ini banyak ditemukan pada hewan peliharaan dan hewan liar seperti unggas, babi, dan sapi. Menurut WHO, sekitar 2.500 serotipe bakteri salmonella tetapi sebagian besar infeksi pada manusia adalah dengan dua serotipe: Typhimurium dan Enteritidis.

Wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak di bawah 5 tahun, orang dewasa di atas 65 tahun dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah. 

Baca Juga: Hasil Penelitian Menunjukkan Pengobatan Tradisional Tiongkok Efektif Dalam Mengobati Kasus Covid-19 Ringan

Bagaimana cara penularannya? 

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC), penyakit ini sebagian besar ditularkan ke manusia yang makan makanan yang terkontaminasi dengan kotoran hewan yang terinfeksi. Ini terjadi ketika makanan mentah atau setengah matang seperti telur, daging dll dikonsumsi oleh orang-orang.

WHO mengatakan bahwa salmonella dapat melewati seluruh rantai makanan dari produksi primer pakan ternak hingga rumah tangga atau lembaga dan perusahaan layanan makanan. Pada manusia, umumnya tertular setelah makan makanan yang terkontaminasi asal hewan seperti telur, susu dan daging. Kecil kemungkinan buah dan sayuran yang tidak dicuci dapat terinfeksi.

Apa saja gejalanya dan bagaimana cara menghindari infeksi?

Cokelat menyebabkan infeksi Salmonellosis

Gejala infeksi umumnya muncul setelah tiga hari setelah terinfeksi dan biasanya termasuk demam, muntah, diare dan kram perut dan gejala kasus yang parah mungkin termasuk demam tinggi, nyeri, dan darah dalam urin atau tinja. Orang yang sehat dapat pulih dalam beberapa hari tetapi dalam beberapa kasus, bisa juga serius.

CDC menyatakan, "Antibiotik tidak direkomendasikan untuk kasus yang tidak rumit dan hanya digunakan jika infeksi menyebar atau sangat mungkin menyebar dari usus ke aliran darah dan organ lain."

Untuk mencegah salmonella, seseorang harus mencuci tangan sebelum memasak, membersihkan dapur dan lemari es secara teratur atau di mana pun makanan ditangani dan memisahkan makanan mentah dari yang lain. Selanjutnya, daging harus dimasak dengan matang dan telur mentah sebagai makanan harus dihindari Memasak daging dengan matang juga sangat dianjurkan.

Perusahaan Israel mengumumkan kompensasi untuk konsumen 

Bagaimana Cokelat menyebabkan infeksi Salmonellosis di Eropa dan AS?

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Free press Journal, grup Strauss, salah satu produsen makanan terbesar di Israel menyatakan bahwa konsumen akan diberi kompensasi dua kali lipat dari yang mereka keluarkan untuk produk yang diduga mengandung salmonella.

Grup mengumumkan hal yang sama ketika perusahaan dan pejabat pemerintah tidak dapat memberikan jawaban yang memuaskan yang diajukan oleh penarikan kembali produk Strauss. Selanjutnya, Cokelat, es krim, kue, dan produk lainnya disita dari toko. Penarikan tersebut dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah negara itu. Strauss Group menyatakan bahwa anak perusahaannya, Elite, produsen produk cokelat yang populer, menarik kembali produknya yang diduga terkontaminasi salmonella.

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...