Alasan Tak Ada Gambar Ayah di Kaleng Khong Guan, Ternyata Terdapat Fakta Menarik Didalamnya

Selasa, 10 Mei 2022 | 14:10 WIB
google google

RIAU24.COM -  Salah satu kue kaleng yang khas disajikan saat lebaran adalah biskuit Khong Guan. Biskuit ini menjadi ikon dan kudapan yang sering dihidangkan untuk tamu.

Khong Guan begitu melekat di benak masyarakat Indonesia, gambar pada kalengnya pun ikonik, bahkan pernah menjadi viral ketika ada pertanyaan dari masyarakat, kenapa di kaleng Khong Guan tidak ada gambar ayah?

Pelukis gambar Khong Guan, Bernardus Prasodjo, dalam beberapa kesempatan membeberkan alasan mengapa tidak ada gambar ayah di biskuit Khong Guan. Meskipun dijelaskan bahwa sebenarnya pelukis tidak tahu persis alasan tidak ada sosok ayah di gambar kaleng biskuit Khong Guan.

Baca Juga: Ini Jawaban UAS Usai Disebut Ekstrimis oleh Singapura

Namun, Bernardus mengatakan bahwa yang ditonjolkan dalam gambar itu adalah sosok ibu. Ia memperkirakan hal ini dilakukan untuk memengaruhi ibu rumah tangga agar membeli Khong Guan, “yang penting ada ibunya di situ karena yang berbelanja adalah ibu”.

Ruwani, dkk (2014) mengatakan bahwa salah satu konsumen produk makanan kemasan adalah keluarga. Dalam hal ini, ibu rumah tangga secara umum akan bertanggung jawab dalam hal menentukan konsumsi pangan anggota keluarga.

Baca Juga: Cerita Jenderal Sudirman dan Nasi Oyek

Alvianis (2016) juga menyatakan bahwa sosok ibu selain merawat anak, mengurus rumah tangga, juga dapat dikatakan sebagai anggota keluarga yang sering melakukan kegiatan konsumsi.

Ibu sebagai bagian dari anggota keluarga yang mempunyai peran sangat penting dalam proses keputusan pembelian suatu barang atau jasa. Seorang ibu memiliki kewenangan yang cukup besar dalam memutuskan produk dan merek apa yang akan dibeli atau dikonsumsi untuk dirinya sendiri maupun untuk anggota keluarganya.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...