Mizoram, Tanah Pegunungan Biru India, Tak Ada Macet dan Jadi Tempat Terindah di Dunia

Sabtu, 28 Mei 2022 | 10:08 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Dikenal karena perbukitannya yang hijau dan hutan bambu yang lebat, Mizoram terletak di ujung paling selatan timur laut India. Disebut Tanah Pegunungan Biru, bukit-bukitnya dilintasi oleh sungai yang mengalir deras dan air terjun yang berkilauan tinggi.

Mizoram dikelilingi oleh Manipur, Assam, Tripura, Myanmar dan Bangladesh, berkendara melalui pusat negara bagian, menuju perbatasan Myanmar akan membawa Anda melewati sawah hijau subur. Keragaman geografis ini menjadikannya salah satu tempat terindah untuk dikunjungi di timur laut India.

Mizoram

Baca Juga: Keluarga Ini Tega Merantai Putra Mereka Untuk Menghentikannya Menggunakan Narkoba

Di Mizoram, penduduk di lingkungan yang berbeda mengerti bahwa mereka menjalankan pertunjukan. Bersama-sama mereka menjadikannya salah satu dari sedikit negara bagian di negara di mana sebagian besar orang berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan kemajuan negara mereka yang harus dipelajari oleh semua warga negara.

Dari peraturan lalu lintas hingga tingkat melek huruf terbaik di negara bagian, kita dapat belajar dari orang-orang Mizo.

MizoramTwitter

Menunggu di lalu lintas mungkin adalah sesuatu yang menurut kebanyakan orang menjengkelkan. Meskipun komuter biasa terlihat kehilangan ketenangan jika berada dalam situasi seperti itu. Baru-baru ini sebuah foto dari Mizoram menunjukkan menunggu giliran mereka dalam lalu lintas yang sangat besar telah membuat semua orang terkesan secara online.

Dalam gambar tak bertanggal yang beredar di internet, puluhan mobil dan roda dua terlihat terjebak kemacetan. Namun, tidak ada satu pun pengemudi yang terlihat mencoba menyeberang ke sisi lain jalan yang benar-benar kosong. Orang-orang Mizoram memberi tahu kami bagaimana negara bagian lain dapat mengikuti peraturan lalu lintas.

Baca Juga: Keluarga Ini Tega Merantai Putra Mereka Untuk Menghentikannya Menggunakan Narkoba

Orang yang paling melek huruf

mizoram-fakta

Mizoram tidak hanya dikenal dengan perbukitan hijau dan hutan bambu yang lebat, tetapi juga terkenal dengan literasinya. Mizoram terletak di ujung paling selatan timur laut India, yang disebut Tanah Pegunungan Biru.

Dengan tingkat melek huruf 91,3 persen, Mizoram memegang posisi ketiga di negara itu , menurut Sensus 2011 , negara bagian Timur Laut berada di belakang Kerala (94,0 persen) dan Lakshadweep (91,8 persen). Serchhip adalah distrik paling melek huruf di India. Ini adalah salah satu distrik di Mizoram. Ini memiliki tingkat melek huruf 97,91%.

Hutan Negara Bagian India

Dunia telah kehilangan 420 juta hektar (mha), sekitar 10,34 persen dari total luas hutannya dalam 30 tahun terakhir, menurut The State of the World's Forests (SOFO) edisi 2022 yang dirilis 2 Mei 2022. Sementara tutupan hutan di banyak negara semakin berkurang, Mizoram India memiliki 84 persen wilayah di negara bagian itu sebagai hutan .

Mizoram Hal Yang Dapat Kita Pelajari 

Menurut Laporan Hutan Negara India 2021 yang baru diterbitkan, luas keseluruhan hutan dan pohon di negara ini adalah 80,9 juta hektar atau 24,62 persen dari wilayah geografisnya.

Dibandingkan dengan laporan sebelumnya, ISFR 2021 mencatat bahwa luas hutan meningkat 1.540 kilometer persegi dan tutupan pohon meningkat 721 kilometer persegi. Mizoram dengan 84,53 persen, Arunachal Pradesh dengan 79,33 persen, Meghalaya (76 persen), Manipur (74,34 persen), dan Nagaland (73,9 persen) adalah lima negara bagian dengan pencapaian tertinggi dalam hal lahan berhutan sebagai proporsi dari total luas. 

Negara bagian Mizoram memiliki beberapa penenun hebat yang menciptakan produk yang sangat indah . Pengrajin terampil tradisional ini membuat produk bambu seperti keranjang, peralatan, topi, Furnitur Buatan Tangan dan vas bunga serta selendang tenun juga. Barang-barang kerajinan tebu dan bambu adalah kerajinan paling menonjol di negara bagian.

Barang-barang kerajinan tebu dan bambu adalah kerajinan paling menonjol di negara bagian. Desain produk tebu dan bambu yang polos namun memukau ini benar-benar menakjubkan dan sangat tahan lama.

Melakukan upaya untuk melestarikan dan melindungi alam

Mizoram dikenal karena upayanya untuk melestarikan dan melindungi penutup hijau dari penggunaan berbahaya plastik yang terbukti bersifat karsinogenik bagi lingkungan.

Mizoram Hal Yang Dapat Kita Pelajari |  Hapus percikan

Baca Juga: Lebih Dari Lusinan Orang Tewas Setelah Bus Jatuh ke Jurang di Pakistan

Untuk menghapus penggunaan plastik di ibu kota negara bagian, Aizawl Municipal Corporation sedang mempertimbangkan untuk melarang penggunaan kantong plastik di Mizoram . Sebuah kelompok swadaya yang terdiri dari perempuan di kota datang dengan inisiatif untuk membuat kantong kertas dengan bantuan koran dan bahan limbah lainnya dengan berbagai bentuk dan ukuran. Nyatanya, kecintaan terhadap paper bag ramah lingkungan buatan tangan ini memberikan harapan baru bagi banyak orang, terutama kaum wanita.

Setiap rumah tangga mengambil bagian dalam kegiatan kelompok sosial

Salah satu organisasi sosial yang paling aktif dan juga yang paling lama berjalan di negara bagian ini adalah Asosiasi Mizo Muda, yang mencakup setidaknya satu orang dari setiap rumah tangga yang mengambil bagian dalam kegiatan kelompok sosial.

Asosiasi ini dibentuk oleh misionaris Kristen pada tahun 1935 dan terbuka untuk keanggotaan bagi siapa saja yang berusia di atas 14 tahun. Setiap wilayah di Mizoram memiliki cabang YMA dan dengan cara ini, ia mencakup seluruh negara bagian. Sejumlah kecil Rs 5 diperlukan untuk menjadi anggota asosiasi dan kemudian Anda dapat memainkan peran seaktif yang Anda inginkan.

Mizoram Hal Yang Dapat Kita Pelajari |  Hapus percikan 

Beberapa tugas yang dilakukan asosiasi atas kemauannya sendiri meliputi:

1. Membangun rumah bagi para janda dan tuna wisma

2. Memulihkan jenazah yang tenggelam

3. Tidak hanya mencegah kebakaran hutan tetapi juga menyebarkan kesadaran tentang masalah ini

4. Merawat penyandang disabilitas mental dan fisik

5. Melaksanakan proyek-proyek pemerintah di tingkat akar rumput

6. Menyelenggarakan pemakaman

7. Melakukan upaya penyelamatan saat terjadi bencana alam

8. Menyebarkan kesadaran akan pentingnya pendidikan – pada kenyataannya, salah satu pencapaian terbesar asosiasi ini adalah membawa tingkat sastra negara ke peringkat kedua tertinggi di negara ini dengan 92%.

9. Mempromosikan altruisme dan rasa hormat dalam masyarakat

  

PenulisR24/dev


Loading...

Loading...