Sejuta Manfaat Puasa Senin Kamis, Bisa Bikin Umur Panjang Juga Lho

Sabtu, 28 Mei 2022 | 21:13 WIB
ilustrasi ilustrasi

RIAU24.COM - Banyak penelitain yang membuktikan segudang manfaat puasa. Pada dasarnya, puasa membersihkan tubuh kita dari racun dan memaksa sel ke dalam proses yang biasanya tidak dirangsang ketika aliran bahan bakar dari makanan selalu ada.

Baca Juga: Sering Mual? Ikuti Kiat-kiat Berikut Ini untuk Bantu Mencegah dan Menguranginya

Saat kita berpuasa, tubuh tidak memiliki akses seperti biasa ke glukosa, memaksa sel untuk menggunakan cara dan bahan lain untuk menghasilkan energi. Akibatnya, tubuh memulai glukoneogenesis, proses alami memproduksi gula sendiri. 
Baca Juga: Proses Terbentuknya Batu Ginjal dan Faktor Penyebabnya

Hati membantu dengan mengubah bahan non-karbohidrat seperti laktat, asam amino, dan lemak menjadi energi glukosa. 

Karena tubuh kita menghemat energi selama puasa, tingkat metabolisme basal kita (jumlah energi yang dibakar tubuh kita saat istirahat) menjadi lebih efisien, sehingga menurunkan detak jantung dan tekanan darah kita.

Manfaat lainnya termasuk peningkatan sensitivitas insulin dan penurunan kolesterol LDL.

American Heart Association menyatakan bahwa puasa teratur mampu mengurangi risiko gagal jantung dan metabolisme yang lebih baik. Jadi, puasa bisa menjadi kunci panjang umur dan hidup sehat. 

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa secara rutin memiliki tingkat kematian hampir 45 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa.

PenulisR24/ame


Loading...

Loading...